Setiap Anak Memiliki Porsi Makan Berbeda

oleh -58 Dilihat


Surabaya,JatimTerikini–Setiap anak memiliki porsi berbeda dalam mengkonsumsi makanan. Sebagai orang tua tidak perlu panik berlebihan jika anaknya tidak mengkonsumsi makanan yang dirasa cukup. Pernyataan ini disampaikan Dokter Spesialis Anak, Siloam Hospitals Surabaya dr. Lianto Kurniawan Nyoto, Sp. A.
Menurutnya, kuantitas, kualitas, serta kemampuan setiap anak dalam mengonsumsi makanan akan berbeda-beda. Orang tua perlu memahami kondisi tumbuh kembang anak yang tidak dapat disamaratakan dengan anak lainnya, terutama dalam hal pola makan. Begitu pun ketika mendapati kasus anak sulit makan, tindakan observasi pertama kali yang dapat dilakukan adalah dengan mempelajari grafik berat badan dan tinggi badan anak.
Dikatakannya, untuk mengetahui seorang anak kekurangan nutrisi atau tidak, yang pasti dari grafik berat badan dan tinggi badan anak. ”Jika tidak sesuai grafik atau berat badannya tidak naik dengan semestinya, itu kita sudah harus curiga, ada something wrong dengan anak,” tegasnya.
Lebih lanjut ia menyarakan, apabila anak masih kesulitan mengonsumsi makanan, segera konsultasikan ke dokter anak utk mencari penyebab anak kesulitan makan sehingga dapat segera dilakukan tatalaksana gizi, edukasi, dan rencana tindakan yang diperlukan untuk membantu permasalahan anak.
“Anak sulit makan terkadang dirasa normal dengan batasan waktu tertentu. Orang tua dapat menyingkapinya dengan sabar, kontrol rutin ke dokter karena tumbuh kembang anak adalah hal yang penting. Terpenting catat rekam jejak perkembangan anak, terutama kaitannya dengan asupan makanan dan nutrisi anak.” ujar dr Lianto. dna