JatimTerkini.com
Trenggalek

Ngobrol Gayeng Bareng Tukang Becak, Polisi Bagikan Nasi Kotak Gratis

Polres Trenggalek – Satbinmas Polres Trenggalek punya cara tersendiri dalam meningkatkan partisipasi publik dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak 2024 yang tinggal menghitung hari, dimana tahapannya sudah memasuki masa kampanye.

Sembari patroli keliling kota, petugas yang membidangi pembinaan masyarakat ini menyapa dan berbincang hangat dengan masyarakat dan sejumlah tukang becak maupun pekerja informal lainnya yang berada di sepanjang jalan Brigjen Soetran hingga jalan Panglima Sudirman, Trenggalek. Jumat, (11/10).

Tak sekadar tangan kosong, petugas juga membawa nasi kotak dan snack gratis untuk dibagikan kepada seluruh tukang becak maupun masyarakat sekitar. Sambil menikmati sarapan pagi bersama, kesempatan tersebut dimanfaatkan pula untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas terutama berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada serentak.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kasatbinmas AKP Rohmad Hudi, S.Pd. mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari program Curhat Kamtibmas sekaligus upaya cooling system menjelang Pilkada serentak. Dalam Curhat Kamtibmas ini masyarakat bisa menyampaikan keluh kesah, saran dan masukan kepada kepolisian tentang apapun.

“Sengaja kegiatan ini kita buat non formal, agar masyarakat bisa lebih leluasa menyampaikan uneg-uneg, serta bisa menjadi media kita untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.” Ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, petugas juga mengajak para tukang becak untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada serentak dengan cara menyalurkan hak pilihnya pada hari pencoblosan pada tanggal 27 Novenber 2024 mendatang.

Tak ketinggalan, pihaknya juga meminta agar masyarakat tidak mudah terhasut oleh berita-berita yang belum tentu kebenarannya atau hoax serta senantiasa berkomitmen membantu dan mendukung kepolisian untuk menciptakan situasi menjelang Pilkada serentak yang aman dan damai.

Pada sisi yang lain, pihkanya juga mengimbau agar para tukang becak lebih berhati-hati dan waspada saat membawa penumpang. Hal ini bukan tanpa sebab, mengingat dalam menjalankan profesinya, tukang becak kerap bersinggungan dengan aktivitas jalan raya yang relatif padat.

“Patuhi aturan berlalu lintas dan utamakan keselamatan.” Pungkasnya.