JatimTerkini.com
Trenggalek

Sosialisasi Pilkada Serentak, Polisi Imbau Pemilih Pemula Jaga Kondusivitas

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian turut ambil bagian dalam acara sosialisasi pemilih pada Pilkada serentak tahun 2024. Hal ini terlihat dari kegiatan yang diselenggarakan oleh PPK Tugu di SMA Negeri 1 Tugu. Kamis, (10/10).

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Tugu, AKP Panut S.H, mengatakan, sosialisasi tersebut menyentuh kalangan pelajar mengingat mereka merupakan pemilih pemula yang sebelumnya belum pernah mengikuti proses Pemilu sama sekali sehingga diperlukan penjelasan dan pemahanan yang komprehensif.

“Iya benar, hari ini kami bersama jajaran Forkopimca Tugu, dan PPK melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pelajar khususnya yang sudah memenuhi syarat dan memiliki hak pilih.” Ujarnya.

Dihadapan para siswa, AKP Panut menegaskan bahwa salah satu tolok ukur keberhasilan dari Pilkada adalah tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi. Tak terkecuali bagi pemilih pemula. Oleh sebab itu, sosialisasi ini sangat penting agar para pelajar yang telah memiliki hak pilih dapat turut serta dengan menyalurkan hak pilihnya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga menyampaikan bahwa saat ini tahapan Pilkada serentak telah memasuki masa kampanye dan puncaknya nanti adalah pencoblosan yang akan dilaksanakana pada tanggal 27 November 2024 di masing-masing TPS.

“Jadi ada dua pemilihan. Yang pertama pemilihan Bupati/Wakil Bupati Trenggalek dan yang kedua pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Timur.” Imbuhnya.

Pihaknya juga meminta agar para pelajar yang telah memiliki hak pilih untuk senantiasa tetap menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Pilihan boleh berbeda tetapi kerukunan dan persatuan harus tetap terjaga.