JatimTerkini.com
Trenggalek

Ratusan Bhabinkamtibmas di Trenggalek Dampingi Penyaluran Bantuan Pangan Beras Pemerintah

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek mengerahkan para Bhabinkamtibmas jajarannya untuk mengawal dan mengamankan kegiatan penyaluran Bantuan Pangan Beras Pemerintah (Bulog) Tahun 2024 yang diselenggarakan di masing-masing desa se Kabupaten Trenggalek. Senin, (7/10).

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kasihumas Iptu Susila Basuki, S.Sos. menuturkan, sejumlah 157 Bhabinkamtibmas diinstruksikan untuk melakukan pendampingan selama proses distribusi bantuan tersebut berlangsung.

“Tempat penugasan tentunya sesuai dengan wilayah desa binaan masing-masing.” Jelas Iptu Susila.

Pendistribusian bantuan beras itu sendiri telah dilaksanakan sejak hari ini. Jumlah warga yang menerima bantuan bervariasi namun rata-rata mencapai ratausan hingga ribuan orang. Setiap orang menerima sedikitnya 10 Kg beras.

Bagi warga yang akan mengambil beras bantuan, syaratnya sangat mudah. Cukup membawa dan menunjukkan surat pemberitahuan dari Kantor Pos dan bagi yang berhalangan hadir bisa menyertakan surat kuasa.

“Sebagai pelaksana adalah PT Kantor Pos Indonesia. Tugas Bhabinkamtibmas, mengamankan kegiatan, mengatur antrian agar tidak berebut dan yang paling utama adalah memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran.” Imbuhnya.

Lebih lanjut Iptu Susila menuturkan, dalam prosesnya Bhabinkamtibmas tidak bekerja sendiri melainkan bersinergi bersama unsur tiga pilar seperti Kepala Desa dan Babinsa, dibantu oleh jajaran Linmas yang ada di tingkat desa.

Pihaknya berharap, dengan hadirnya para Bhabinkamtibmas tersebut, rangkaian kegiatan penyaluran bantuan dapat berjalan aman, tertib dan lancar serta masyarakat merasa aman dan nyaman.