JatimTerkini.com
Trenggalek

Wakapolres Trenggalek Buka TKJ, Dikuti Ratusan Personel Polri dan ASN

Polres Trenggalek – Ratusan personel Polres Trenggalek semangat mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani atau yang lebih dikenal dengan sebutan TKJ. Dalam kegiatan yang digelar di Stadion Menak Sopal, Kelutan ini dibuka langsung oleh Wakapolres Trenggalek Kompol Herlinarto S.E., M.M. Selasa, (10/9).

Rangkaian TKJ diawali dengan pengisian data oleh peserta dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan pengukuran berat badan terlebih dahulu. Pemeriksaan oleh tim medis dari Sidokkes ini bertujuan untuk memastikan bahwa para peserta tidak memiliki riwayat penyakit ataupun dalam kondisi sakit yang dapat berakibat fatal.

Kompol Herlinarto mengungkapkan, TKJ wajib diikuti oleh seluruh personel Polri maupun ASN dan diselenggarakan rutin setiap semester. Hal ini sangat penting untuk mengukur kemampuan fisik dari masing-masing anggota.

“Tugas polisi bukan semakin mudah. Dinamika tugas yang kompleks dan mobilitas tinggi menuntut anggota Polri harus memiliki fisik yang tidak hanya sehat tetapi juga prima sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan baik.” Ujarnya.

Disamping itu, TKJ ini juga merupakan salah satu indikator penting bagi anggota yang ingin meningkatkan karir seperti Sekolah Inspektur Polisi (SIP), Pendidikan alih golongan (PAG) maupun Pendidikan Pengembangan (Dikbang) lainnya.

“Bagi yang tidak lulus harus remidi, mengulang kembali. Kemudian untuk yang sakit, sudah kita siapkan tenaga medis untuk pemeriksaan lebih lanjut.” Pungkasnya.

Sebagai informasi, sesuai dengan jadwal, TKJ akan dilaksanakan selama empat hari berturut-turut mulai tanggal 10-13 September 2024.  Adapun beberapa materi TKJ yang diujikan diantaranya lari 12 menit, pull up dan Chinning (bagi wanita), pushup, sit up dan terakhir shuttle run. Masing-masing anggota diwajibkan lulus dengan nilai standar yang telah ditetapkan berdasarkan kelompok usia.