JatimTerkini.com
Headline JTHukrimJatimSurabayaTerkini

Hari Bhakti Adhyaksa ke 64, Kejari Tanjung Perak gelar bakti sosial

Aksi donor darah yang dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjung Perak, Ricky Setiawan Anas SH MH CSSL. Foto: ist

JATIMTERKINI.COM: Kegiatan sosial berupa donor darah dan penanaman puluhan pohon menandai peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-24 oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak.

Untuk kegiatan donor darah, digelar pada Selasa (9/7/2024) pukul 08.30 WIB di Aula R Soeprapto Kejaksaan Negeri Tanjung Perak. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjung Perak, Ricky Setiawan Anas SH MH CSSL, beserta jajaran pejabat dan seluruh pegawai kejaksaan.

“Dengan diadakannya kegiatan donor darah, diharapkan menjadi wujud nyata rasa kepedulian pegawai Kejari Tanjung Perak kepada sesama. Dengan mendonorkan darah, kita dapat menyelamatkan banyak nyawa yang membutuhkan,” jelas Kajari Ricky Setiawan Anas, Senin,(15/7/2024).

Sementara, salah satu peserta donor darah, Fadhel Muh Fikri Soni Saputra SH mengatakan bahwa donor darah akan membuat tubuh menjadi sehat.

“Saya sudah sering melakukan donor darah, ini yang ke-13 kali mendonor. Adapun dampak positif yang saya rasakan dari mendonor ialah tubuh menjadi lebih sehat,” ujar dia.

Kegiatan sosial tersebut berlanjut pada Senin (15/7/2024), bertempat di PT Terminal Teluk Lamong, Kelurahan Tambak Osowilangun, Kecamatan Benowo, Surabaya. Pada kesempatan ini, dilaksanakan kegiatan penanaman 20 pohon yang dihadiri oleh 30 orang dari Forum Komunikasi Pimpinan Kota Surabaya beserta perwakilan PT Pelindo dan PT Terminal Teluk Lamong.

Dalam sambutannya, Kajari Ricky Setiawan Anas menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan penanaman pohon tersebut sebagai wujud kepedulian insan Adhyaksa, khususnya Kejari Tanjung Perak, akan pentingnya menjaga sustainable development. “Melalui kegiatan penanaman pohon ini, di samping aktif dalam penanganan kejahatan lingkungan hidup (green financial crime), kejaksaan juga melaksanakan kepedulian terhadap pembangunan berkelanjutan,” kata Ricky Setiawan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Ricky berharap, akan menjadi pemicu (trigger) bagi masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian sumber daya alam. “Sehingga dapat membantu pemerintah mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tambahnya.

Pohon-pohon yang ditanam meliputi Trembesi, Akasia, Kenanga, dan Beringin. Kegiatan ini sejalan dengan upaya mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) yang ditetapkan PBB dan program pemerintah Indonesia dalam mewujudkan transformasi ekonomi hijau.

Rangkaian kegiatan bakti sosial ini menunjukkan komitmen Kejaksaan Negeri Tanjung Perak dalam memperingati Hari Bhakti Adhyaksa dan HUT IAD, sekaligus berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. (Rud)