Vaksinasi Hewan Ternak, Polisi di Trenggalek Berikan Pendampingan

oleh -7 Dilihat

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian turut aktif turun tangan dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak belakangan ini. Salah satunya adalah pendampingan dan pengamanan proses vaksinasi terhadap hewan ternak.

Dikonfirmasi terpisah, Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto mengatakan, beberapa hari terakhir pihaknya bersinergi dengan Dinas peternakan Kabupaten Trenggalek dan stakeholder terkait melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Dalam prosesnya, petugas gabungan mendatangi masing-masing pemilik hewan ternak kemudian melakukan penyuntikan vaksin. Tidak berhenti disitu, petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan pada kandang hewan ternak baik komunal maupun pribadi.

“Untuk tenaga kepolisian, tugas utama adalah pengamanan agar kegiatan vaksinasi bisa berjalan dengan aman dan lancar.” Ujarnya.

Guna mendukung kegiatan tersebut lanjut Iptu Suswanto, pihaknya melibatkan personel dari Polsek maupun Polres termasuk Bhabinkamtibmas. Bukan itu saja, petugas Kepolisian dalam setiap penugasannya juga melakukan sosialisasi dan edukasi penanganan PMK kepada masyarakat.

Tak berhenti disitu, pengawasan dan pemantauan juga terus dilakukan khususnya pada pasar hewan yang menjadi lokasi jual beli hewan ternak dari berbagai daerah serta rumah pemotongan hewan yang ada di Kabupaten Trenggalek.

“Untuk hari ini, Kita lakukan pendampingan di UPT Pusbitna RPH Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan.” Imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan dimulainya vaksinasi ini bisa menekan tingkat kematian hewan ternak akibat terjangkit PMK. Terlebih menghadapi hari raya Idul Adha dalam waktu dekat dimana kebutuhan akan hewan ternak juga meningkat.