Tingkatkan Melahiran Berkendara, Satsamapta Polres Trenggalek Gandeng Kursus Mengemudi

oleh -8 Dilihat

Polres Trenggalek – Dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif, jajaran kepolisian wilayah diberikan sarana prasarana berupa kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Oleh sebab itu, setiap anggota Polri khususnya yang operasional di lapangan wajib memiliki keterampilan mengemudi yang baik.

Guna mendukung hal tersebut, Satsamapta Polres Trenggalek meluncurkan terobosan kreatif berupa pelatihan mengemudi bagi anggotanya. Agar lebih greget, Satsamapta Polres Trenggalek menggandeng salah satu lembaga kursus mengemudi yang cukup terkenal di Kabupaten Trenggalek. Rabu, (25/1).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kasatsamapta AKP Supadi, S.H. mengatakan, kursus mengemudi ini diprioritaskan bagi para Bintara Remaja atau Baja serta anggota yang memang belum bisa mengemudikan kendaraan. Sedikitnya 10 orang Baja mengikuti kegiatan ini.

“Mereka nantinya kita persiapkan sebagai driver kendaraan patroli yang handal dan bersertifikat sesuai dengan kompetensinya. Jadi tidak hanya sekadar mengemudi tetapi benar-benar bisa menguasai seluk beluk kendaraan dan mengemudi dengan baik, patuh aturan dan tentunya berkeselamatan.” Ungkap AKP Supadi.

Sebelumnya lanjut AKP Supadi, latihan mengemudi bagi anggota sebenarnya sudah rutin dilakukan. Namun demikian, bukan berarti tanpa hambatan. Latihan mengemudi kerap digelar di halaman Mapolres menggunakan kendaraan dinas dengan instruktur dari anggota sendiri.

Itupun hanya dikhususkan bagi anggota yang memang sudah bisa mengemudikan kendaraan dan materi yang diberikan lebih menekankan kepada tehnik mengemudi saat berpatroli ataupun mendatangi TKP.

“Jadi, bagi yang belum bisa menyetir ya harus belajar mandiri. Nah, sekarang kita fasilitasi belajar bareng-bareng dengan instruktur yang berkompeten.” Imbuhnya

Setiap peserta kata AKP Supadi dibekali dengan pengetahuan tentang perangkat, fitur dan fungsi kendaraan dilanjutkan praktik berkendara yang baik dan benar. Sedangkan jenis kendaraan yang digunakan bervariasi sesuai dengan yang dimiliki oleh Polres Trenggalek mulai dari jenis MPV, SUV hingga sedan.

“Harapan kita, para baja ini nantinya bisa memiliki kemahiran mengemudi yang handal guna mendukung kegiatan kepolisian sehari-hari dalam rangka menciptakan Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Trenggalek. Kedepan nanti kita tambahkan jenis kendaraan truk maupun bus.” Pungkasnya.