Polres Trenggalek, Dekatkan Diri dengan Masyarakat Melalui Safari Jumat

oleh -12 Dilihat

Polres Trenggalek – Salah satu program unggulan Polres Trenggalek yang bersifat preventif dan dinilai cukup efektif dalam pengelolan Kamtibmas adalah `Safari Jumat`. Safari Jumat ini digelar mulai dari tingkat Polres hingga Polsek jajaran.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. menuturkan, dalam menunaikan tugas dan tanggung jawabnya selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, polisi tidak bisa bekerja sendiri. Dibutuhkan kerjasama dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

“Peran serta masyarakat ini sangat penting agar dalam prosesnya bisa lebih optimal.” Ujar AKBP Alith.

Nah, untuk mencapai itu semua, antara kepolisian dengan masyarakat harus terjalin sinergitas yang kuat. Polisi wajib hadir ditengah masyarakat. Membangun kedekatan emosional dan memberikan edukasi yang baik khususnya terkait dengan kesadaran hukum dan keamanan.

“Salah satunya melalui kegiatan Safari Jumat ini.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto, S.H. mengungkapkan, Safari Jumat merupakan salah satu kegiatan dimana anggota Polres dan Polsek jajaran mengikuti salat Jumat di masjid-masjid yang tersebar hingga tingkat desa.

“Selasai salat jumat, petugas akan meminta waktu barang sebentar untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.” Ujar Iptu Suswanto.

Lebih lanjut Iptu Suswanto menuturkan, selain itu, dalam kesempatan tersebut petugas bisa berbincang secara langsung dengan masyarakat sembari diskusi tentang segala hal terutama terkait dengan Kamtibmas.

“Jadi, bisa sekaligus sebagai media diskusi dan menyerap aspirtasi maupun harapan masyarakat terhadap kepolisian. Ini sangat penting sebagai masukan agar Polri semakin dekat dengan masyarakat serta untuk bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan. Muaranya adalah Kamtibmas yang kondusif.” Pungkasnya.