JatimTerkini.com
Trenggalek

Polres Trenggalek Akan Pertebal Pengamanan Lokasi Wisata Saat Lebaran

Polres Trenggalek – Menyambut libur panjang hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023 ini, Kepolisian Resor Trenggalek telah menyiapkan sejumlah langkah strategis dalam mewujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif. Tak terkecuali pengamanan lokasi wisata.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kabagops AKP Suyono, S.H., M.Hum. saat mengikuti Rapat Koordinasi dan sosialisasi pengamanan destinasi wisata yang digelar di Aula Disparbud Kabupaten Trenggalek. Kamis, (13/4).

“Iya betul. Lokasi wisata memang menjadi salah satu fokus pengamanan lebaran. Mengingat lebaran tahun ini merupakan lebaran pertama paska pandemi Covid-19 sehingga diperkirakan jumlah wisatawan meningkat signifikan khususnya pada destinasi wisata alam yang ada di pesisir Watulimo, Panggul dan Munjungan.” Jelas AKP Suyono.

AKP Suyono menuturkan, Rakor ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan serupa melibatkan instansi terkait yang sudah dilaksanakan di tingkat Provinsi Jawa Timur. Pihaknya juga mengingatkan bahwa pada libur tahun baru yang lalu sempat terjadi insiden wisatawan yang terseret arus laut.

“Jadi tolong untuk lokasi wisata yang memiliki potensi bahaya tolong diperhatikan sarana prasarana pendukung yang memadai, papan petunjuk atau imbauan dan SDM yang kompeten. Kita antisipasi betul jangan sampai kejadian serupa terulang lagi.” Tegas AKP Suyono.

Selain itu lanjut AKP Suyono, beberapa kerawanan lain seperti macet, pencurian, Curanmor, copet maupun gesekan antar kelompok masyarakat hingga bencana alam juga perlu diwaspadai. Untuk itu, pihaknya akan mempertebal pengamanan dengan menempatkan personel pada spot-spot yang dinilai memiliki kerawanan tinggi.

“Dalam waktu dekat Polres Trenggalek akan menggelar Operasi Ketupat semeru 2023 dalam rangka pengamanan Hari raya Idul Fitri 1444 H dan Mudik lebaran. Nanti khusus di Watulimo akan didirikan Pos pengamanan lebaran yang personelnya dari lintas intansi. Sedangkan untuk Polsek yang lain melaksanakan operasi imbangan dan mendirikan pos pantau untuk mempermudah pengawasan dan pengamanan.” Pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Dinas Pariwisata Drs. Sunyoto, Kapolsek Jajaran, pejabat utama dinas pariwisata, UPT Prigi Sunaryo, para pengelola pariwisata dan hotel di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Sebagai informasi, Operasi Ketupat Semeru 2023 akan digelar selama 14 hari mulai tanggal 18 April sampai 1 Mei 2023 dengan melibatkan 375 personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinkes hingga pramuka.

Dalam operasi terpusat ini Polres Trenggalek membentuk sedikitnya enam Satgas yakni Satgas preemtif, preventif, Kamseltibcarlantas, Gakkum, Humas dan Banops serta mendirikan tiga pos pengamanan di Durenan, Watulimo dan Tugu serta satu pos pelayanan di Agropark.

Related posts

Kunjungi Trenggalek Gubernur Jatim Resmikan Huntap dan Jembatan

Adhis

Tanda Tangani Pakta Integritas DIPA TA 2024, Kapolres Trenggalek: Wujud Transparansi dan Akuntabilitas

Adhis

Pimpin Apel Pagi Perdana Tahun 2023, Kapolres Trenggalek Tekankan Ini

Adhis