JatimTerkini.com
Trenggalek

Polisi di Trenggalek Berperan Aktif Lestarikan Tradisi dan Budaya

Polres Trenggalek – Jajaran Polres Trenggalek terlibat aktif dalam melestarikan tradisi dan adat budaya yang ada di wilayah Kabupaten Trenggalek. Hal ini dapat dilihat dari peran kepolisian yang turut ambil bagian dalam berbagai kegiatan tradisi yang digelar di berbagai tempat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Polsek Pule ini. Sejumlah personel sengaja dikerahkan untuk membantu pengamanan prosesi kirab budaya tasyakuran `Nyambung Tuwuh Nyiram Tuwuh` di puncak gunung Argo Lawe. Selasa, (30/5).

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K., melalui Kapolsek Pule AKP Rohmad Hudi, S.Pd. mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari acara bersih desa tepatnya di Desa Tanggaran Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek.

“Iya benar. Hari ini kami kerahkan personel untuk melakukan pengamanan kegiatan adat Nyambung Tuwuh Nyiram Tuwuh desa Tanggaran. Acara bersih desa ini dihadiri oleh ratusan warga dan melibatkan seluruh elemen masyarakat dari berbagai usia.” Ujarnya.

Menurutnya, tradisi budaya seperti ini sudah seharusnya dijaga dan dilestarikan, terlebih acara bersih desa ini merupakan wujud rasa syukur masyarakat atas segala rezeki yang telah dilipahkan serta doa agar selalu diberikan keselamatan dan dijauhkan dari bencana.

Pihaknya berharap, kegiatan seperti ini tidak sebatas dilaksanakan rutin setiap tahun tetapi juga dapat meningkatkan roda ekonomi masyarakat. Bahkan, bisa menarik minat wisatawan baik lokal maupun luar kota.

“Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan aman dan lancar.” Pungkasnya.

Related posts

Polres Trenggalek Kerahkan Ratusan Personel Amankan Apel Akbar dan Pelantikan PC GP Ansor

Adhis

Iptu Rudi Sugiharto Resmi Jabat Kapolsek Pogalan

Adhis

Jelang Pemilu 2024, Ini Strategi Polres Trenggalek Amankan Wilayah

Adhis