Pastikan Keamanan dan Keselamatan, Satlantas Trenggalek Lakukan Survei Jalan Jelang Nataru

oleh -18 Dilihat

Polres Trenggalek – Menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2023, jajaran Polres Trenggalek terus mempersiapkan diri khususnya dalam hal menciptakan Kamseltibcarlantas yang kondusif. Selain menyiagakan personel berikut sarana prasarana yang memadai, Satlantas bersinergi bersama stakeholder terkait juga telah menyiapkan langkah-langkah strategis.

Guna memastikan hal tersebut, Satlantas Polres Trenggalek bersama Dinas Perhubungan melakukan survei jalan dan jembatan di wilayahnya. Hal ini sangat penting mengingat perayaan Natal dan tahun baru tinggal menghitung hari dan bersamaan dengan libur sekolah sehingga diperkirakan arus lalu lintas akan mengalami peningkatan signifikan.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kasatlantas AKP Yudiyono, S.H. mengatakan, pengecekan kondisi jalan dan jembatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk memastikan keamanan dan keselamatan para pengguna.

“Iya betul, hari ini kami bersama Dinas Perhubungan Tenggalek, melakukan survei jalan dan jembatan demi memastikan keamanan dan keselamatan menjelang Nataru.” Ujarnya kepada tim redaksi. Senin, (5/12).

Adapun sasaran survei jalan kali ini meliputi jalan nasional dan provinsi berikut jembatan yang dilalui serta jalur menuju lokasi wisata di wilayah pesisir Watulimo. Hal ini dilakukan mengingat jumlah kunjungan wisatawan pada hari libur panjang cenderung turut meningkat sehingga harus dipastikan jalur tersebut benar-benar aman dan nyaman.

Selain itu, pihaknya juga menyempatkan diri mampir sejenak di pos polisi Durenan untuk melihat dan memantau secara langsung kondisi arus lalulintas baik yang menuju Trenggalek maupun arah Watulimo.

“Pengecekan jalur ini untuk melihat sejauh mana kondisi jalan dan perangkat pendukung dapat berfungsi dengan baik dan tidak membahayakan pengguna jalan serta menyiapkan jalur artenatif jika terjadi penumpukan arus.” Imbuhnya.

AKP Yudiyono menambahkan hasil survei ini nantinya akan dievaluasi dan didiskusikan kembali bersama stake holder lainnya, sehingga mampu mencegah kerawanan sekaligus meminimalisir pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.

“Dari pengecekan hari ini terdapat beberapa titik ruas jalan yang mengalami kerusakan, beberapa lainnya masih dalam tahap perbaikan. Akan kita tindaklanjuti dan koordinasikan segera dan bisa dibuatkan rambu-rambu tambahan.” Pungkasnya.