JatimTerkini.com
-->
Ekbis

Konsisten Dukung Program Penghijauan, BCA Lakukan Penanaman Pohon di Hutan Rimba Makmur

Mojokerto, jatimterkini – Sebagai bagian dari perbankan nasional, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berkomitmen memberikan nilai tambah melalui berbagai program. Menyongsong perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), BCA bersama dengan Kelompok Tani Hutan Rimba Makmur dengan pendamping Dinas Kehutanan Kabupaten Nganjuk melaksanakan program penghijauan dengan menanam 3.000 bibit pohon di area kelolaan Kelompok Tani Hutan Rimba Makmur.

Seremoni kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah III BCA Hendrik Sia, Bupati Mojokerto dr. Ikfina Fahmawati, M.Si, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Dr Ir Jumadi MMT, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Nganjuk, Adm. Perum Perhutani KPH Pasuruan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto, Perwakilan UPT Taman Hutan Raya, Camat Pacet, Kapolsek Pacet, Danramil Pacet, Kepala Desa Padusan, dan Ketua KTH Rimba Makmur pada beberapa waktu lalu.

“Lingkungan yang hijau dan asri pastinya menjadi sebuah kenyamanan bagi banyak pihak. Sadar akan pentingnya penghijauan, BCA pun berinisiasi bersama dengan dinas lingkungan hidup setempat untuk menciptakan lingkungan hidup yang nyaman khususnya untuk masyarakat Mojokerto. Sekecil apapun aksi yang dilakukan akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan hidup. Program penanaman 3000 bibit pohon hari ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh BCA bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan pemerintah setempat untuk membuat area Hutan Rimba Makmur rindang,” ujar Hendrik.

Pada kesempatan ini, dilakukan penanaman 3.000 bibit pohon dari jenis pohon kayu dan buah (Multi-Purpose Tree Species). Penanaman pohon dilaksanakan di area perbukitan yang masih kosong. Ada pun tujuan dari penanaman ini untuk mendukung perlindungan dan pemulihan alam yang dilaksanakan melalui pendekatan holistic, mengurangi risiko bencana dan perubahan iklim. Melalui kegiatan ini, penyelenggara tetap mengedepankan manfaat yang diterima oleh masyarakat sekitar dalam bentuk sustainability lingkungan dan secara ekonomi berupa produk buah maupun turunannya.

Menandai perayaan ulang tahun ke-65, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mewujudkan komitmen terhadap agenda SDGs dengan menargetkan penanaman 18 ribu pohon, sekaligus memperkuat kesadaran insan BCA atas nilai utama pelestarian lingkungan. “BCA Go Bi6 5tep,” menjadi tema utama dalam gerakan penanaman pohon ini, yang mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan “virtual walk” dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi. Setiap partisipasi langkah virtual walk karyawan BCA dikonversi kedalam bibit pohon untuk ditanam di area hutan kota, hutan bakau, pemukiman penduduk, tepi jalan tol/jalan raya di berbagai wilayah Indonesia.

Untuk diketahui, inisiatif Walk for Tree akan berlangsung dari Maret 2022 hingga seluruh bibit pohon selesai ditanam dan akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan. Jenis-jenis pohon yang akan ditanam memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam dan pengaturan iklim.

Sebagai informasi, BCA senantiasa aktif mewujudkan komitmen dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG). BCA memperkuat komitmennya dengan penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan yang mencapai Rp161,6 triliun di Maret 2022. Angka tersebut naik sebesar 25,6% YoY, dan berkontribusi hingga 24,9% dari total portofolio pembiayaan BCA. Selain itu, BCA juga melakukan beberapa inisiatif lain seperti pengelolaan limbah kartu dan EDC, serta turut pemadaman lampu selama 1 jam pada 544 gedung kantor BCA untuk mendukung program Earth Hour beberapa waktu lalu. (res)


Related posts

Pionir A Series Resmi Meluncur, OPPO A98 5G Hadir dengan Fitur Kelas Flagship dan Performa Ekstra Lancar

redaksi

Jumat Sore, Kawasan Kembang Jepun Tutup Total dan diberlakukan Rekaya Lalin Untuk Gelaran Festival Rujak Uleg

Nanang

SKK Migas Dukung Keberlanjutan Layanan Gas Bumi PGN dan Pemanfaatan Gas Domestik

redaksi