Kapolres Trenggalek Hadiri Upacara Hari Santri Nasional

oleh -21 Dilihat

Polres Trenggalek – Upacara Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 berlangsung khidmat. Ribuan orang santri mengikuti upacara yang digelar serentak di masing-masing kecamatan maupun pondok pesantren se Kabupaten Trenggalek. Sabtu, (22/10).

Seperti upacara pada umumnya, kegiatan diawali dengan penghormatan, laporan dan pembacaan teks UUD 1945 dan pengucapan Pancasila. Yang sedikit membedakan adalah adanya pembacaan ikrar santri yang diikuti oleh seluruh peserta upacara dan ditutup dengan menyanyikan lagu mars Syubbanul Wathan (Yaa Lal Wathon).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.I.K. yang kebetulan turut hadir dalam upacara yang dipusatkan di GOR Trenggalek tersebut mengatakan, sejarah telah mencatat peran santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui Resolusi Jihad yang dicetuskan oleh KH Hasyim Asy’ari.

“Semangat resolusi jihad itu harus terus tertanam di hati para santri sebagaimana ikrar santri yang telah di ucapkan bersama-sama tadi. Setia kepada NKRI dan berperan aktif dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera.” Ujar AKBP Alith.

Masih kata AKBP Alith, saat ini peran santri mungkin tidak dengan mengangkat senjata tetapi lebih kepada bagaimana mengisi kemerdekaan dengan segala kemampuan yang dimiliki, membangun dan menjaga negeri dari ancaman ideologi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan lndonesia serta terus berkarya untuk Indonesia yang lebih baik.

“Selamat Hari Santri Nasional 2022, berdaya menjaga martabat kemanusiaan.” Pungkasnya.