Jurusan Kamu Masuk? Ayo Buruan Daftar SIPSS Polri

oleh -22 Dilihat

Polres Trenggalek – Kepolisian kembali membuka kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk berkarir dalam Lembaga Polri. Rekrutmen Polri kali ini dikhususkan bagi mereka yang telah memiliki gelar sarjana melalui SIPSS atau Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana.

Beberapa persyarakatan umum yang wajib dipenuhi diantaranya adalah waga negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, berumur paling rendah 18 tahun, sehat jasmani dan rohani serta bebas Narkoba, tidak sedang terlibat kasus pidana, berwibawa, jujur. Adil dan tidak tercela dan bersedia ditempatkan dimana saja.

Sedangkan kategori ijazah yang dibutuhkan meliputi, dokter spesialis anastesi, anak, kandungan, bedah, patologi klini, penyakit dalam dan forensik. Starta 2 antara lain, keperawatan, tehnik elektro dan psikologi.

Selain itu, untuk strata 1 yang dibutuhkan diantaranya, kedokteran umum, kedokteran gigi, farmasi, keperawatan, biologi, fisika, kimia, tehnik informatika (programming dan jaringan), sistem informasi (programming dan jaringan), tehnik metalurgi, tehnik industri, ilmu komunikasi (jurnalistik dan public relation), psikologi, arsitektur, hubungan internasional, sastra Perancis, Pendidikan bahasa Perancis, Pendidikan bahasa Indonesia, bahasa arab, bahasa korea dan bahasa jepang, akutansi, statistika serta ilmu administrasi negara.

Sementara untuk D-IV yang dibutuhkan hanya satu bidang yakni ahli nautika Tk. III dan khusus untuk prodi kedokteran, dokter umum dan dokter gigi wajib memiliki STS/STR definitive.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui KabagSDM Polres Trenggalek Kompol Solichin, S.H. menuturkan, bagi masyarakat yang berminat dan memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri secara online melalui website penerimaan.polri.go.id.

“Pendaftaran dibuka mulai tanggal 24 sampai dengan 29 Januari 2023. Jika ada yang belum jelas bisa datang langsung ke BagSDM di lantai 2 Mapolres Trenggalek.” Ujarnya

Lebih lanjut Kompol Solichin menuturkan, batasan usia pada saat pembukaan pendidikan adalah, maksimal 40 tahun untuk dokter spesialis, 30 tahun untuk S-2 maupun S-2 profesi, 28 tahun untuk S1 profesi dan 26 tahun untuk S-1 dan D-IV dengan tinggi badan minimal pria 158 Cm dan 155 Cm untuk wanita.

“Bagi mereka yang lolos akan mengikuti pendidikan selama 6 bulan. Pembukaan Pendidikan dimulai tanggal 8 Maret 2023 di Akpol Semarang.” Imbuhnya.

Kompol Solichin menegaskan bahwa seluruh rangkaian proses seleksi menerapkan prinsip Betah yakni bersih, transparan, akuntabel, dan humanis. Disamping itu juga diawasi oleh pengawas baik internal maupun eksternal.

“Masuk Polisi gratis. Tidak dipungut biaya.” Pungkasnya.