Ini Dia Alasan Mengapa Harus Jualan Online

oleh -91 Dilihat

 

Di zaman yang semakin berkembang ini menjadikan segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya berbisnis. Kini, Anda bisa memulai jualan online dengan berbagai platform termasuk Blibli. Lalu, apa alasan Anda harus memulai berbisnis online?

1.    Modal Kecil

Untuk membangun bisnis memang memerlukan modal untuk memulainya. Beragam total modal yang harus dikeluarkan tergantung dari bisnis apa yang akan Anda jalani. Oleh sebab itu, banyak orang yang mulai mencari modal untuk membangun bisnis.

Tetapi, dengan berbisnis online, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar. Bahkan, Anda bisa berbisnis tanpa modal sama sekali. Ini yang menjadikan berjualan online lebih banyak diminati oleh para pebisnis pemula.

Jika Anda masih pemula, Anda bisa mulai berbisnis menjadi reseller atau dropshiper yang hanya memerlukan modal sedikit. Jika menjadi dropship, Anda tidak perlu mengeluarkan modal, Anda hanya akan memesankan barang ke penjual dari pemesan Anda.

2.    Teknologi Canggih

Berbisnis online juga pastinya membutuhkan jaringan internet dan teknologi. Perkembangan teknologi semakin canggih seiring bertambahnya waktu, hal ini yang akan mempermudah Anda dalam berjualan online.

Dengan teknologi yang canggih, Anda bisa menggunakan berbagai sosial media untuk berjualan. Mulai dari marketplace, atau platform berjualan online lainnya yang kini sudah semakin banyak.

Selain itu, Anda juga tidak perlu membangun toko, Anda hanya perlu membangun toko online dengan sebuah website. Namun, itu pun harus dikembangkan lagi supaya lebih menarik dan bisa mendapatkan customer.

 

 

3.    Minim Risiko

Berbagai jenis bisnis online bisa dilakukan dengan mudah oleh Anda. Anda bisa mulai memilih supplier terpercaya dengan produk yang berkualitas dan harga yang terjangkau.

Pilihlah supplier yang telah memiliki banyak pelanggan dan terpercaya, biasanya akan lebih mudah orang lain untuk mengenal produk Anda. Berjualan online juga lebih minim risiko, tetapi Anda harus memperhatikan dengan siapa Anda mulai bekerja sama.

Oleh sebab itu, jangan sampai Anda salah memilih supplier, karena dapat mempengaruhi proses berjalannya bisnis Anda.

4.    Penjangkauan Luas

Alasan mengapa Anda harus jualan online selanjutnya adalah penjangkauan yang lebih luas. Ini yang menjadi kelebihan tersendiri daripada berjualan secara offline. Berjualan online akan mempermudah Anda untuk mendapat jangkauan audiens yang lebih luas.

Cukup satu kali Anda memposting konten produk Anda, maka akan banyak ratusan, ribuan, bahkan jutaan audiens yang melihat konten Anda. Namun, hal ini juga didukung dengan teknik digital marketing yang tepat supaya peluang audiens untuk membeli lebih besar.

Anda hanya perlu membuat desain poster yang menarik, caption yang mengundang audiens untuk membeli, dan juga membuat video yang menarik. Di sini, kreatifitas Anda harus ditingkatkan untuk menjual produk-produk Anda.

5.    Waktu yang Fleksibel

Selain alasan-alasan di atas, waktu yang fleksibel juga menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus berjualan online. Berbeda dengan berjualan secara offline, Anda harus menjaga toko dari jam buka hingga jam tutup toko.

Selain itu, Anda juga harus sering menawarkan produk secara langsung ke calon customer. Jika berjualan online, Anda tidak perlu melakukan hal-hal tersebut. Waktu yang Anda gunakan untuk berjualan lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kesibukan Anda.

Anda bisa sambil melakukan aktivitas lain di rumah, bahkan sambil melakukan chat dengan customer pun tetap bisa. Ini yang menjadi alasan mengapa sebagian orang memilih untuk jualan online.

6.    Penyampaian Informasi Lebih Mudah

Selanjutnya adalah penyampaian informasi yang lebih mudah. Berjualan online akan lebih mudah disampaikan informasinya melalui internet. Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan sekunder bagi masyarakat.

Tak heran, banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya dengan menggunakan internet untuk bekerja atau melakukan hal lain. Kecepatan internet mempengaruhi kecepatan informasi yang akan disampaikan.

Melalui sosial media dan platform berjualan online, Anda bisa lebih mudah menyampaikan informasi seputar bisnis dan produk yang Anda juga dengan cepat hanya dalam waktu beberapa detik saja.

7.    Potensi Untung Besar

Tidak perlu menyewa toko atau membayar karyawan dan keperluan operasional lainnya. Anda bisa melakukan pemasaran sendiri melalui internet hanya bermodal handphone dan juga jaringan internet.

Proses jual beli akan ditangani oleh supplier, sehingga Anda hanya sebagai perantara pembeli dengan penjual asli. Berjualan online juga memberikan Anda potensi untuk mendapat untung lebih besar. Anda tidak perlu stok barang, namun Anda tetap mendapat keuntungan.

Walaupun begitu, Anda tetap harus belajar mengenai pemasaran dan periklanan yang baik supaya bisa menjangkau audiens lebih banyak. Anda juga harus meningkatkan kemampuan berjualan Anda untuk menawarkan produk Anda ke pelanggan.

Rekomendasi Platform

Untuk Anda yang masih menjadi pebisnis pemula dan ingin memulai jualan online, Anda bisa menggunakan platform dari Blibli.com. Blibli adalah online platform yang bisa menjadi wadah atau media Anda untuk melakukan transaksi jual beli.

Anda bisa membuat toko online sendiri dan mulai memposting produk yang akan Anda jual. Selain itu, Anda bisa melakukan promosi, atau iklan untuk menawarkan produk Anda kepada masyarakat yang lebih luas.