Harga Murmer, Lunpia LoeRasa Hadir Di Plasa Marina Surabaya

oleh -75 Dilihat

Lunpia LoeRasa khas SemarangSurabaya – Siapa tak kenal jajanan lunpia? Pasti banyak orang tahu, jajanan khas yang renyah gurih Dengan daging dan rebung.

Lunpia hadir pertama kali pada abad ke 19 dan merupakan salah satu contoh perpaduan budaya asli Tiong Hoa – Jawa yang serasi dalam Cita Rasa yang khas. Semua bermula dari saat Tjoa Thay Joe yang lahir di Fujian, memutuskan untuk tinggal dan menetap di Semarang dengan membuka bisnis makanan khas Tionghoa berupa makanan pelengkap berisi daging babi dan rebung.

Tjoa Thay Joe kemudian bertemu dengan Mbak Wasih, orang asli Jawa yang juga berjualan makanan yang hampir sama hanya saja rasanya lebih manis dan berisi kentang juga udang.

Seiring berjalannya waktu,mereka bukannya bermusuhan, malah saling jatuh cinta dan kemudian menikah. Bisnis yang dijalankan pun akhirnya di gabungkan menjadi satu dengan sentuhan sentuhan perubahan sehingga melengkapi kesempurnaan rasa makanan lintas budaya Tionghoa – Jawa.

Isi dari kulit lunpia dirubah menjadi ayam atau udang yang dicampur dengan rebung serta dibungkus dengan kulit lunpia. Keunggulannya adalah udang dan ayam yang tidak amis, rebungnya juga manis, serta kulit lunpia yang renyah jika digoreng.

Jajanan ini biasanya dipasarkan di Olympia Park, pasar malam Belanda tempat biasa mereka berjualan berdua. Oleh karena itu makanan ini dikenal dengan nama Lunpia. Usahanya makin lama makin berkembang dan sampai saat ini Lunpia tetap jadi favorite kuliner Nusantara.

Di sela-sela kesibukan melayani pelanggan, Erna Yuni Estiwati yang akrab di sapa Yuni menceritakan asal mula berjualan Lunpia.

“Saat itu saya baru beberapa hari tinggal di Surabaya, dan kebetulan saya asli Semarang.  Ketika saya jalan-jalan, di pinggir jalan Dr.Soetomo ada rombong bertuliskan “lumpia asli Semarang ” Isiannya sayur wortel dan ayam cincang. Karena aslinya saya ini punya jiwa berdagang akhirnya saya memberanikan diri untuk berwirausaha sendiri dengan resep dari keluarga asli Semarang.
Dan akhirnya tercetuslah Lunpia Asli Semarang “Loe Rasa”, cerita Yuni.

Untuk mempertahan rasa lunpia yang asli Semarang, LoeRasa menghadirkan isian lunpia dengan rasa : original rebung, rebung ayam, rebung ebi, rebung ebi, rebung jamur serta rebung spesial (ayam, telur dan ebi).

Soal harga, jangan di tanya sangat terjangkau sekali dengan hanya 15.000/porsi dengan citarasa asli dari Semarang sepertinya mengobati warga Semarang yang tinggal di Surabaya.

Dan juga apabila ingin memesan lunpia LoeRasa bisa langsung datang ke outlet LoeRasa di JML Food Corner, lantai dasar Plaza Marina Surabaya atau bisa juga tlp di 085602287828.