JatimTerkini.com
-->
HukrimJatimSurabaya

Diduga Langgar Etik, Dua Petinggi Polrestabes Surabaya Disidang Bidpropam Polda Jatim

Logo Jatimterkini.com

Surabaya – Dua petinggi Polrestabes Surabaya, AKBP Mirzal Maulana Kasat Reskrim dan Kompol Edy Herwiyanto Wakasat Reskrim menjalani sidang etik di Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Timur, Jumat (24/3/2023) sore.

Dilansir dari suarasurbaya.net, Keduanya menjalani sidang etik melalui laporan pengaduan masyarakat (dumas). Dua petinggi polisi itu diduga bekerja secara tidak profesional waktu menetapkan seorang tersangka inisial L dalam kasus praktik jual beli vaksin ilegal pada akhir 2021 silam.

Sekadar diketahui, pada tahun 2021 silam terdapat kelompok oknum yang menyediakan vaksinasi dosis ketiga berbayar di Surabaya. Praktik itu diduga ilegal karena mendahului program pemerintah yang baru melakasanakan program booster bagi masyarakat pada Januari 2022 mendatang.

Waktu itu masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin booster itu harus membayar senilai Rp250 ribu. Mendapati isu tersebut, akhirnya polisi melakukan rangkaian penyelidikan. Hingga akhirnya menetapkan L sebagai tersangka pada awal tahun 2022.

Sementara itu, Dino Wijaya Kuasa Hukum L mengatakan kalau kliennya merasa dirugikan akibat kinerja kepolisian saat itu. Karena tanpa alat bukti dan saksi yang kuat, polisi telah menetapkan L sebagai tersangka kasus praktik vaksin ilegal.

“Kami ingin proses ini berjalan sesuai prosedural kalau salah ya salah kalau enggak, ya enggak. Kalau tidak ada pelanggaran kode etik kami legowo,” kata Dino dilansir dari suarasurabaya.net, Sabtu (25/3/2023).

Dino mengatakan kalau laporan dumas yang dibuat kliennya itu merupakan bentuk dukungan kepada institusi polisi yang sedang berbenah diri untuk memperbaiki citra.

Dia percaya kalau dumas tersebut bakal ditangani seadil-adilnya oleh Bidpropam Polda Jatim.

“Supaya tidak jadi preseden buruk, dan polisi bertindak profesional,” katanya.

Sedangkan dari pantauan di Mapolda Jatim kemarin, AKBP Mirzal Maulana dan Kompol Edy Herwiyanto tampak didampingi jajaran Sat Reskrim Polrestabes Surabaya. Mirzal dan Edy terlihat memakai seragam formal kedinasan karena menjalani sidang etik.

Sementara itu, Kombes Pol Pasma Royce Kapolrestabes Surabaya dan Kombes Pol Iman Setiawan Kabid Propam Polda Jatim, ketika dikonfirmasi Keduanya belum memberi respon.


Related posts

Pilkades Aman, Kapolresta Mojokerto Apresiasi Brimob dengan Tasyakuran Dirgahayu Pelopor Korps Brimob Polri Ke-63

Redaksi Mojokerto

Pelaku pembuat video mesum kebaya merah ditangkap di Medokan Surabaya

Khofifah ditunjuk jadi Timses Prabowo-Gibran di Jatim, massa NU diyakini ‘pecah’

Rudy