JatimTerkini.com
Trenggalek

Buruan Daftar, Penerimaan Taruna/I Akpol Tahun 2024 Telah Dibuka

Polres Trenggalek – Polri kembali membuka kesempatan bagi para pemuda-pemudi Indonesia untuk bergabung dan mengabdikan diri melalui pendidikan Akademi Kepolisian. Rekrutmen ini merupakan penerimaan calon Perwira Polri untuk menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA) melalui pendidikan pembentukan Taruna/i Akpol.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathtut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui KabagSDM Kompol M. Solichin, S.H. menuturkan, pendidikan Akpol ditempuh selama empat tahun di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.

“Pendaftaran dibuka mulai tanggal 25 Maret sampai dengan 21 April 2024. Ujian/pemeriksaan penerimaan Taruna/i Akpol diselenggarakan di tingkat daerah oleh Panitia Daerah (Panda) di Polda dan di tingkat pusat oleh Panitia Pusat (Panpus) di Akademi Kepolisian, Semarang.” Ungkapnya.

Persyaratan umum yang wajib dipenuhi diantaranya adalah WNI, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana, berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

Sedangkan persyaratan khusus meliputi berijazah serendah-rendahnya SMA/MA/Sederajat, berumur minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan, tinggi badan minimal pria 165 cm dan wanita 163 cm, belum pernah menikah, tidak bertato dan tindik, bebas dari Narkoba, tidak mendukung atau ikut serta dalam organisasi atau paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Beberapa pemeriksaan atau pengujian yang wajib dilalui di tingkat daerah meliputi, pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap I, tes psikologi tahap I, tes akademik, tes kesamaptaan jasmani, pemeriksaan kesehatan tahap II, pendalaman PMK termasuk penelusuran rekam jejak media sosial dan tes psikologi tahap II (wawancara) pemeriksaan administrasi akhir.

Adapun tes pada tingkat pusat diantaranya, pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, mental ideologi, tes akademik meliputi TPA dan Bahasa Inggris, tes psikologi wawancara, pendalaman PMK, tes kesamaptaan jasmani dan pemeriksaan penampilan.

Cara pendaftaran sangat mudah. Pendaftar tinggal membuka website penerimaan anggota Polri dengan alamat website penerimaan.polri.go.id, pilih sekelksi Taruna/i Akpol dan isi form yang ada. Nanti pendaftar akan mendapat nomor registrasi online beserta username dan password yang digunakan untuk login. Cetak form registrasi online yang digunakan untuk verifikasi di Polres.

“Bagi yang berminat dan memenuhi syarakat silahkan mendaftarkan diri. Jika kesulitan silahkan datang ke BagSDM Polres Trenggalek di lantai 2. Nanti akan kami bantu dan dampingi.” Imbuhnya.

Pihaknya menegaskan bahwa seluruh rangkain proses penerimaan Akpol menerapkan prinsip BETAH atau Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis, melibatkan pengawas internal (Itwasum Polri/Itwasda serta Divpropam Polri/Bidpropam Polda dan pengawas eksternal (LSM/Ormas) untuk menyaksikan dan mengawasi pelaksanaan setiap tahapan seleksi secara ketat.

Related posts

Semakin Moncer, Bhabinkamtibmas Karanggandu Raih Penghargaan Kapolda Jatim

Adhis

Dua Anggota Polres Trenggalek Terima Kenaikan Pangkat Pengabdian

Adhis

Polsek Gandusari Gelar Jumat Curhat di Lembah Kepuh

Adhis