JatimTerkini.com
Trenggalek

Pengamanan Tahapan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Ini Yang Dilakukan Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Tepat hari ini, Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik oleh MPR RI di Jakarta.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepolisian Resor Trenggalek menggelar apel gabungan pengamanan di halaman Mapolres Trenggalek. Apel ini diikuti oleh ratusan personel dari berbagai instansi diantaranya, Polres Trenggalek, Kodim 0806, Subdenpom TNI, Satpol PP dan Dishub. Minggu, (20/10).

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. saat memimpin langsung jalannya apel mengatakan, kegiatan pengamanan hari ini merupakan kegiatan imbangan dalam menjaga situasi dan kondisi Kamtibmas yang kondusif saat pelaksanaan pelatinkan Presiden dan Wakil Presiden RI khususnya di wilayah Kabupaten Trenggalek.

“Kegiatan serupa juga digelar oleh seluruh Polsek jajaran bersinergi bersama unsur tiga pilar di masing-masing wilayah sebagai wujud kesiapan jajaran Pores Tenggalek bersama instansi terkait lainnya untuk mendukung terselenggara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang terpilih pada Pemilu tahun 2024.” Ujarnya.

Disamping itu, kehadiran petugas dan aparatur negara yang selalu bersinergi di tengah-tengah masyarakat adalah bentuk hadirnya negara untuk memberikan rasa aman dan pengayoman terhadap masyarakat khususnya di Kabupaten Tenggalek.

AKBP Indra menambahkan, untuk memastikan kondisivitas, pihaknya akan menggelar patroli skala besar diseluruh wilayah Kabupaten Trenggalek. ditingkat Polres sendiri, patroli besar melibatkan sedikitnya 150 personel gabungan.

Sementara terkait dengan Pilkada dimana saat ini tahapannya sudah memasuki masa kampanye, AKBP Indra menegaskan, bahwa sampai saat ini situasi dan kondisi keamanan di Trengalek relatif terjaga dengan baik

“Kita pertebal patroli dan menggelar cooling system supaya aman, lancar, dan kondusif dari segala ancaman sekecil apapun.” Ucapnya.

Sebelum menutup arahannya, AKBP Indra menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh peserta apel diantaranya, agar selalu memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas, mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedobani standar operasional prosedur yang ada.

Pihaknya juga meminta agar setiap anggota menghindari tindakan atau sikap kontraproduktif yang dapat merusak kepercayaan masyarakat serta melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Selaku pribadi dan pimpinan, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat maupun personel yang dengan penuh kesungguhannya dalam menjaga keamanan dan ketertiban sehingga kondusivitas wilayah Tenggalek hingga saat ini tetap terjaga.” Pungkasnya.

Turut hadir dalam apel tersebut antara lain, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Czi Yudo Aji S.Sos M.A., Kasatpol PP Trenggalek Drs. Habib Solehudin. Kasubag Bin Kajari Trenggalek Dibyo,S.H., Sekretaris Dishub Trenggalek Mahendra,  S.T. serta pejabat utama Polres Trenggalek