JatimTerkini.com
Trenggalek

Kembali Beraksi, Polisi Tambal Jalan Rusak dan Berlubang di Jalur Kampak-Gandusari

Polres Trenggalek – jajaran Polsek Kampak kembali melakukan aksi tambal jalan. kegiatan yang bersifat sosial kemanusiaan ini sengaja dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh jalan yang rusak ataupun berlubang cukup dalam.

Tak tanggung-tanggung, penambalan jalan ini dilakukan di sejumlah titik sekaligus yakni disepanjang jalan raya masuk Desa Sugihan yang merupakan jalur utama dari arah Kampak menuju Gandusari atau sebaliknya. Jumat, (11/10).

Kapolres Treggalek AKBP Indra ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Kampak Iptu Henri Agus S., S.Sos. mengungkapkan, kegiatan menambal jalan rusak dan berlubang ini merupakan kali ketiga yang digelar bersama jajarannya.

“Jalur ini adalah jalan utama. Jadi, arus lalu lintas juga relatif padat. Sangat riskan menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.” Ungkapnya.

Iptu Henri menuturkan jauh hari sebelumnya, pihaknya bersama dengan anggota telah melakukan pemetaan dan survey terlebih dahulu titik mana saja yang perlu mendapat penanganan segera. pemetaan ini diperlukan untuk mengetahui berapa banyak material yang dibutuhkan.

“Kita temukaneberapa titik aspal yang mengelupas dengan lebar bervariasi. yang paling kecil mungkin 0,5 meter dan yang paling lebar ada yang mencapai 2 sampai 3 meter dengan kedalaman bervaiasi juga.” Imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, penembalan jalan ini bersifat sementara dan menggunakan material berupa adonan semen, pasir dan koral. Setidaknya, pengguna jalan merasa nyaman dan aman saat melintas.

Disinggung tentang sumber dana yang digunakan untuk aksi kemanusiaan ini, pihaknye menjelaskan bahwa semua berasal dari iuran atau urunan anggota Polsek Kampak sendiri. Dari sedekah sukarela inilah yang kemudian dikumpulkan dan digunakan untuk membeli material. Demikian pula dengan tenaga tukang dan sebagainya, semua adalah dari anggota Polsek Kampak.

“Wujud kepedulian kita sekaligus upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas. Apalagi sebentar lagi mungkin akan memasuki musim penghujan.” Pungkasnya.