JatimTerkini.com
Trenggalek

Satlantas Trenggalek Peringati Hari Lalu Lintas Bhayangkara dengan Aksi Kemanusiaan

Polres Trenggalek – Satlantas Polres Trenggalek punya cara tersendiri dalam menyambut hari lalu Lintas Bhayangkara yang jatuh tepat pada tanggal 22 September mendatang. Korp Kepolisian yang dikenal dengan sebutan Polantas ini menggelar aksi kemanusiaan berupa penyaluran bantuan air bersih ke sejumlah titik yang terdampak kekeringan ekstrem. Rabu, (4/9).

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kasatlantas AKP Agus Prayitno, S.H., mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dan kolaborasi yang baik antara Satlantas dengan BPBD serta Polsek Tugu.

“Ada dua kendaraan tangki berkapasitas masing-masing 6 ribu liter yang kita kerahkan, kemudian dari Patroli Genthong Polsek Tugu satu unit membawa kurang lebih 1.200 liter air.” Ungkapnya.

Untuk sasaran dropping air bersih itu sendiri adalah mencakup wilayah dusun Krajan  desa Dermosari  kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek yang juga merupakan salah satu daerah yang terdampak kekeringan dan warganya mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

Pihaknya menambahkan, saat ini kekeringan panjang telah melanda kabupaten Trenggalek dan berdampak kesulitan air bersih pada seddikitnya 19 desa yang tersebar di 9 kecamatan. Di Kecamatan Tugu sendiri terdapat tiga desa yang terdampak yakni Desa Pucanganak, Nglinggis, dan Desa Dermosari.

“Oleh sebab itu, dalam ranagka menyambut hari lalu lintas bhayangkara kami berupaya turun tangan bersama stakeholder lainnya membantu mengurangi beban masyarakat tedampak berupa dropping air bersih.” Imbuhnya.

Selain itu, kegiatan ini sekaligus juga dimanfaatkan sebagai media perekat antara Polantas dengan masyarakat serta sarana edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya tertib berlalu lintas yang berkeselamatan.

“Semoga apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat dan menumbuhkan kedekatan antara Polri dengan masyarakat.” Pungkasnya.