Rikkesla, Upaya Polres Trenggalek Jaga Kesehatan Anggotanya

oleh -8 Dilihat

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek kembali menggelar pemeriksaan kesehatan berkala (Rikkesla) bagi seluruh anggotanya. Rikkesla ini merupakan upaya Kepolisian dalam memberikan layanan kesehatan kepada anggotanya agar selalu prima saat menjalankan tugas memelihara Kamtibmas yang kondusif diwilayahnya. Kamis, (13/10).

Guna mendukung hal tersebut, Polres Trenggalek yang dimotori oleh Sidokkes bekerjasama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung menggelar pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala bagi anggota Polri dan ASN jajarannya.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K., menuturkan, perhatian dan kepedulian Polri terhadap anggotanya terbilang sangat baik. Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan secara rutin minimal setahun sekali secara bergantian.

Lebih lanjut AKBP Alith mengatakan, tugas Polri yang semakin kompleks sehingga diperlukan stamina yang kuat dan kesehatan yang prima. Untuk itu, dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar pelaksanaan tugas dilapangan dalam rangka memberi rasa aman masyarakat semakin optimal.

Menurutnya, medical chekup diperlukan untuk mengetahui kesehatan personel. Jika diketahui ada yang memiliki penyakit atau gangguan kesehatan maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit Polri untuk ditindak lanjuti. Sekaligus sebagai upaya pencegahan karena nanti akan muncul hasil diagnosa laboratorium secara lengkap juga ada rekomendasi apa yang harus dilakukan kepada yang bersangkutan.

“Semuanya gratis tidak dipungut biaya.” Imbuhnya

Sementara itu, Kasidokkes Polres Trenggalek Aipda Lukman Hadi, Amd. Kep. menjelaskan, dalam Rikkesla yang mengambil tempat di area Ruang Terbuka Publik Area Mapolres ini, setiap peserta wajib mengikuti sejumlah prosedur diantaranya mengisi daftar absensi dan data, pengambilan sampel darah dan urine, pemeriksaan gigi, mata, EKG atau rekam jantung, rontgen dan terakhir tes MMPI (Kesehatan Jiwa).

“Pemeriksaan kesehatan berkala ini dilaksanakan selama sehari dan diikuti oleh sedikitnya 95 personel Polri dan PNS dilingkungan Polres Trenggalek.” Ucapnya