Pimpin Upacara Hari Kesaktian, Kapolresta Mojokerto: Mari Kita Jaga Keutuhan Pancasila

oleh -14 Dilihat

jatimterkini.com, Mojokerto Kota – Polresta Mojokerto menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti oleh Kapolresta Mojokerto, Wakapolresta Mojokerto, para Pejabat Utama (PJU), Kapolsek dan Anggota Polsek Jajaran, Aparatur Sipil Negara (ASN), serta seluruh anggota Polresta Mojokerto di Lapangan Patih Gajah Mada Mapolresta Mojokerto, Sabtu (01/10/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolresta Mojokerto AKBP Wiwit Adisatria, S.I.K, S.H, M.T, Perwira Upacara Kasat Binmas Polresta Mojokerto, dan Komandan Upacara IPDA Agung Suprihandono. Adapun peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 ini mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.”

Jalannya upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, kemudian pembacaan naskah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh IPDA Muklisi S.Pd.I, M.Pd.I, dan dilanjutkan dengan pembacaan naskah ikrar oleh Kompol Deni Susanto S.Pd.

Kapolresta Mojokerto menjelaskan, upacara ini digelar untuk mengenang jasa para pahlawan dan memperingati bagaimana Pancasila diperjuangkan oleh para pendahulu yang telah gugur.

“Tujuan digelarnya upacara ini adalah untuk memperingati bagaimana perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan pancasila sekaligus mencegah rongrongan dari dalam dan luar negeri yang dahulu pernah dialami bangsa Indonesia,” Jelasnya.

Lebih lanjut, AKBP Wiwit Adisatria berharap agar seluruh masyarakat, khususnya anggota kepolisian agar senantiasa menjaga dan memelihara keutuhan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia.

“Harapannya melalui upacara Hari Kesaktian Pancasila ini kami mengajak masyarakat, khususnya anggota kepolisian untuk bangkit dan bergerak bersama dalam memelihara keutuhan nilai-nilai Pancasila.” Pungkasnya. (MK/DLN)