Pimpin Apel Linmas dan Kesiapan Pam Pilkades, Bupati Mojokerto Apresiasi Polresta Mojokerto

oleh -36 Dilihat

jatimterkini.com, Mojokerto – Jelang Pilkades serentak di Kabupaten Mojokerto, Polresta Mojokerto menggelar Apel Linmas dan Kesiapan Pengamanan Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Mojokerto Tahun 2022 di Lapangan Patih Gajah Mada, Polres Mojokerto Kota, Rabu, (31/8/2022).

Selaku Pimpinan Apel Bupati Mojokerto Hj. dr. Ikfina Fahmawati, M.Si. dan didampingi Dandim 0815  Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H serta Kapolresta Mojokerto AKBP Wiwit Adisatria, S.H., S.I.K., M.T.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, sesuai data yang dihimpun, Polres Mojokerto Kota membawahi tiga kecamatan yang akan melaksanakan pilkades serentak. Yaitu di Kecamatan Jetis, Kecamatan Gedeg dan Kecamatan Dawarblandong.

“Pilkades serentak di tiga kecamatan, yaitu Desa Canggu, Desa Ngabar, Desa Jetis dan Desa Lakardowo di Kecamatan Jetis. Kemudian Kecamatan Gedeg di Desa Sidoharjo, Desa Pagerrejo, dan Desa Batankrajan, dan Kecamatan Dawarblandong yaitu Desa Gunungan,” Sebut Ikfina

Masih kata Ikfina, pihaknya mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polresta Mojokerto beserta jajaran dan panitia penyelenggara Pilkades Kabupaten Mojokerto yang telah mempersiapkan kegiatan pengamanan.

“Saya harapkan para peserta pengamanan dapat melaksanakan tugas dengan semangat dan penuh tanggung jawab agar pelaksanaan pilkades serentak dapat terlaksana dengan baik dan pastinya keamanan dan ketertiban yang kita inginkan bersama dapat berjalan dengan semestinya, sehingga kolaborasi pengamanan antara pihak-pihak terkait bisa terwujud di Kabupaten Mojokerto yang kita cintai bersama,” ungkapnya.

Usai apel, simulasi pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Mojokerto 2022 diperagakan. Mulai dari kampanye Pilkades yang berakhir ricuh lantaran salah satu calon mendatangkan penyanyi dan money politic. Kericuhan akhirnya berhasil direndam petugas yang berjaga.

Sementara itu, Kapolresta Mojokerto, AKBP Wiwit Adisatria mengatakan, pihaknya menerjunkan 400 personel untuk pengamanan Pilkades Serentak di tiga kecamatan wilayah hukum Polresta Mojokerto. “Tentunya dengan bantuan dari teman-teman Linmas sesuai dengan pola potensi kerawanan di masing-masing TPS,” Katanya.

Pelaksanaan Pilkades melibatkan 188 anggota Linmas, anggota Kodim 0815 Mojokerto juga dilibatkan dalam pengamanan Pilkades Serentak, 14 September 2022 mendatang. Kapolresta menegaskan, aparat keamanan siap mendukung Pilkades Serentak Tahun 2022.

“Selain Linmas, kita akan mendatangkan BKO dari Brimob juga. Masing-masing sudah kita hitung, potensi kerawanan di masing-masing TPS sehingga pola pengamanan di masing-masing TPS itu kita sesuaikan dengan potensi kerawanan yang ada. Sehingga kita tidak under estimate, berusaha mengamankan yang terbaik,” tegas Kapolresta Mojokerto

67 TPS dalam pelaksanaan Pilkades di wilayah hukum Polresta Mojokerto, Pilkades digelar di tiga kecamatan yakni Desa Gunungan di Kecamatan Dawarblandong. Kecamatan Jetis, yakni Desa Canggu, Ngabar, Jetis, dan Lakardowo. Sementara di Kecamatan Gedeg, yakni Desa Sidoharjo, Batankrajan dan Pagerejo (MK)