Pertama Kali Ikuti Tradisi Hari Jadi Kabupaten Trenggalek, Ini Kesan AKBP Alith Alarino, S.I.K.

oleh -6 Dilihat

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K bersama istri turut hadir dan meramaikan Kirab Kerakyatan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-828 Kabupaten Trenggalek yang juga dihadiri oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X yang juga menjabat sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kamis, (1/9).

Mengenakan busana adat Jawa berwarna ungu muda lengkap dengan penutup kepala blangkon, orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini mengikuti pawai kereta kencana bersama jajaran Forkopimda lainnya.

Sebagai pejabat yang baru pertama kali mengikuti seluruh rangkaian prosesi peringatan Hari Jadi Trenggalek. pihaknya merasa takjub sekaligus bangga dimana masyarakat Kabupaten Trenggalek masih memegang kuat adat dan budaya serta kearifan lokal.

“Sangat bangga dan bersyukur bisa menjadi bagian dari tradisi ini dan melihat secara langsung bagaimana masyarakat Kabupaten Trenggalek dari semua kalangan sangat antusias mengikuti kegiatan ini yang secara tidak langsung turut berperan dalam melestarikan adat dan budaya khas Kabupaten Trenggalek.” Ucapnya.

Rute dari Kirab kerakyatan yang melibatkan puluhan kereta kencana itu sendiri dimulai dari selatan simpang tiga Widowati menuju jalan P. Sudirman, Jalan Agus Salim, Jalan Diponegoro, Jalan Cokroaminoto, melintasi lingkar alun-alun dan finish di Pendopo Manggala Praja Nugraha.

Darai pantauan tim redaksi, ribuan masyarakat dari berbagai penjuru Trenggalek nampak memenuhi trotoar dan badan jalan di sepanjang rute yang dilalui. Bahkan tak sedikit yang berswafoto saat rombongan kirab melintas.

Lebih lanjut AKBP Alith menuturkan, guna mendukung dan menyukseskan acara hari ini, Polres Trenggalek selaku garda terdepan bidang keamanan dan ketertiban masyarakat mengerahkan sedikitnya satu satuan setingkat kompi SSK berjumlah seratus personel.

Personel pengamanan tersebut terbagi dalam kelompok tugas yakni, pengamanan secara stationer sepanjang rute yang dilalui, pengawalan rombongan kirab, patroli mobile dan pengamanan tertutup dari Satintelkam dan Satreskrim.

“Selaku pribadi dan pimpinan Polres Trenggalek, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-828 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek. Natas, nitis netes.” Pungkasnya.