Peringati Hari Pahlawan, Ini Pesan Kapolres Trenggalek

Polres Trenggalek – Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Trenggalek berlangsung khidmat. Sedikitnya ratusan orang dari TNI/Polri, instansi pemerintah, ormas maupun mahasiswa dan pelajar mengikuti upacara yang digelar tiap tanggal 10 November untuk mengenang sekaligus memperingati jasa-jasa pahlawan yang telah gugur demi merebut dan mempetahankan NKRI ini

Dalam upacara yang digelar di halaman pendopo Kabupaten Trenggalek tersebut, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Sekretaris Daerah Ir. Joko Irianto, M.Si.. Sedangkan Perwira upacara dijabat oleh Kompol Suprapto, S.H. yang sehari-hari menjabat sebagai Kabagsumda Polres Trenggalek dan Komandan Upacara dipercayakan kepada salah satu perwira Polres Trenggalek Iptu Edi Santoso, S.H.

Turut hadir dalam upacara yang mengambil tema `Aku Pahlawan Masa Kini` tersebut diantaranya Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H., Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos., Wakil Ketua DPRD Trenggalek Doding Rahmadi, ST, jajaran Pengadilan Negeri dan Kejari Trenggalek, Kepala OPD, Ketua PA dan Kemenag, para veteran serta tamu undangan lainnya.

Dikonfirmasi terpisah AKBP Jean Calvijn mengatakan, setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuh kembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun ini yaitu `Menjadi Pahlawan Masa Kini`.

“Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainnya.” Ujar AKBP Jean Calvijn

Lebih lanjut AKBP Jean Calvijn mengungkapkan, dengan momentum peringatan Hari Pahlawan ini pihaknya mengajak semua elemen masyarakat untuk berbuat dan memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Tak ketinggalan AKBP Jean Calvijn juga mengucapkan selamat Hari Pahlawan 10 November 2019.

 “Kobarkan terus semangat kepahlawanan di dada. Torehkan prestasi untuk membawa harum nama bangsa dan Negara. Selalu jaga persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial.”Pungkasnya.

Usai upacara, dilanjutkan dengan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Jarakan Trenggalek yang diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir.

Trenggalek

Related Post