JatimTerkini.com
Headline JTJakartaJatimPeristiwaSurabaya

Peringati Hari Kebebasan Pers, Ketua MPR Minta Pemerintah Pastikan Pers Bebas dari Ancaman Apapun

ilustrasi

Jakarta – Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua MPR RI mengapresiasi peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia 2023 dengan tema “Shaping a Future of Rights: Freedom of Expression As a Driver For All Other Human Rights” yang artinya “Membentuk Masa Depan Hak: Kebebasan berekspresi sebagai pendorong untuk semua hak asasi manusia lainnya.”

Bamsoet berharap kepada insan pers di seluruh Indonesia, agar kebebasan pers di Indonesia tetap menjunjung tinggi nilai etika, dan prinsip-prinsip jurnalisme yang bertujuan untuk mencerdaskan bangsa dan menegakan pilar demokrasi.

Dia minta pemerintah melakukan evaluasi terhadap regulasi yang berkaitan dengan kebebasan pers, baik terhadap insan pers dalam menjalankan profesinya selama ini, dan mematuhi prinsip-prinsip dasar kebebasan pers, serta tetap independen dikarenakan intervensi bisa mengancam keberadaan pers.

“Saya minta pemerintah dalam menerapkan kebebasan pers tetap melindungi hak asasi manusia/HAM, dan juga memastikan tingkat kesejahteraan insan pers diperhatikan,” ujar Ketua MPR dalam keterangannya, Rabu (3/5/2023).

MPR juga meminta pemerintah mempersiapkan revisi terhadap regulasi yang ada, yang sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi yang ada.

“Sehingga regulasi yang ada nantinya mampu melindungi kebebasan pers dalam bekerja melakukan liputan berbagai kegiatan ataupun program, dan memastikan pers bebas dari ancaman pihak manapun,” tegasnya.

Kepada segenap insan pers, Bamsoet berharap dapat menghasilkan berita-berita dan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dengan tetap berkarya dan berekspresi, serta berkomunikasi melalui tulisan dan infografis yang dapat mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan membangun perdamaian yang berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat.

“MPR meminta, meskipun kebebasan harus dijunjung tinggi dalam kehidupan pers, namun pers diminta agar tetap mencegah pemberitaan hoax, disinformasi, dan yang dapat memicu timbulnya kebencian satu sama lain,” pungkas Bamsoet.

Related posts

Langkah Pencegahan Wabah PMK, Polresta Mojokerto Tinjau Perawatan Kandang dan Hewan Ternak Sapi

Sekretaris DPC PDI-P Sidoarjo Masuk Dalam Tiga Besar Tokoh Muda Dengan Elektabilitas Tinggi Calon Wakil Bupati

Abdul

Petugas Pamor Keris Polresta Mojokerto Pantau Prokes dan Bagi Ratusan Masker di Jalan