Kapolres Trenggalek Hadiri Upacara Adat Hari Jadi ke-828 Trenggalek

oleh -7 Dilihat

Polres Trenggalek – Rangkaian peringatan Hari Jadi ke-828 Kabupaten Trenggalek berlangsung cukup meriah. Ya, setelah hampir dua tahun digelar terbatas akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, tahun ini terlihat lebih semarak.

Ratusan masyarakat dari berbagai penjuru Trenggalek tumpek blek memenuhi area pendopo dan alun-alun meramaikan prosesi upacara adat setahun sekali tersebut. Rabu, (31/8).

Puncak peringatan hari jadi diawali dengan kirab pusaka oleh pasukan pusaka dan nayaka praja dari balai desa Kamulan Kecamatan Durenan menuju pendopo Manggala Praja Nugraha untuk diserahkan secara simbolis kepada Bupati Trenggalek.

Dalam prosesi adat tersebut, disuguhkan tari bedaya nitisari, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah Trenggalek. Selain itu, Bupati Trenggalek juga menyerahkan KTP dan buku nikah kepada sejumlah warga yang telah melaksanakan isbath nikah diteruskan dengan pemotongan tumpeng agung.

Dikonfirmasi terpisah usai acara, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. yang hadir dengan mengenakan pakaian adat jawa mengungkapkan rasa kebanggaannya atas terselenggaranya rangkaian upacara adat memperingati Hari Jadi Kabupaten Trenggalek tersebut.

“Tradisi ini seyogyanya di lestarikan dan bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata budaya. Sangat luar biasa. Masyarakat juga berperan aktif mendukung dan mensukseskan acara ini.” Ujar AKBP Alith.

Guna mendukung kegiatan ini, lanjut AKBP Alith, pihaknya mengerahkan puluhan personel untuk membantu pengamanan dan kelancaran selama prosesi upacara adat berlangsung. Mulai dari pegawalan kirab pusaka, pengamanan rute dan lokasi hingga patroli terbuka dan tertutup sebagai langkah preventif dan pencegahan kerawanan.

“Alhamdulillah, hingga selesai kegiatan semua berlangsung aman dan lancar. Kemudian rangkaian kegiatan masih akan digelar lagi besok yakni kirap kerakyatan, gala diner, pentas tari dan wayang kulit.” Ucapnya.

“Selaku pribadi dan pimpinan Polres Trenggalek, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-828 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek. Natas, nitis netes.” Pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Gubernur Jatim, DR. Emil Elistianto Dardak, Bupati, H. M. Nur Arifin, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., Walikota Blitar, Drs. Santoso, M.Pd., Dandim 0806/Trenggalek Letkol Kav Peddy Adi Prasetyo, S.Sos., Kajari Trenggalek, Dr. Masnur, S.H., M.Hum., M.H., Ketua Pengadilan Negri, Antyo Harri Susetyo, S.H. serta sejumlah tamu undangan lainnya.