JatimTerkini.com
-->
Headline JTJatimPasuruanTerkini

Jadwal kampanye AMIN di Sidoarjo mendadak diganti Prabowo-Gibran, apa terjadi rebutan wilayah?

Ketua Bawaslu Kabupaten Sidoarjo, Agung Nugraha (tengah) ketika memberikan keterangan. Foto: radar

JATIMTERKINI.COM: Lokasi kampanye Paslon nomor urut 1 AMIN (Anies-Muhaimin) yang sudah ditetapkan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) di Sidoarjo pada 9 Februari 2024 mendadak diganti oleh Paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Lantas, apakah terjadi rebutan wilayah? Atau, ada pelanggaran zonasi?

Informasi yang diterima JatimTerkini.com menyebutkan, bahwa pada 9 Februari 2024 paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bakal menggelar kampanye akbar di wilayah Sidoarjo. Hal itu sesuai dengan surat pemberitahuan bernomor: 016/KKS-TKN/II/2024. Dalam surat pemberitahuan itu disebutkan, bahwa Paslon Prabowo-Gibran akan menggelar kampanye akbar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, dengan estimasi massa sebesar 100 ribu orang.

Namun sebelumnya, Tim Hukum Nasional (THN) AMIN Jatim sempat menyebutkan, jika wilayah Sidoarjo akan digunakan kampanye akbar oleh pasangan AMIN pada 9 Februari 2024. Hal itu berdasarkan surat keputusan KPU nomor: 78 Tahun 2024.

Jadwal kampanye di wilayah yang sama, tetapi dengan pasangan Capres-Cawapres berbeda ini tentunya menimbulkan tanda tanya besar dari masyarakat. Bahkan, isu santer yang berkembang menyebutkan jika wilayah Sidoarjo jadi rebutan oleh kedua Paslon, yakni antara Paslon nomor urut 1 dengan dengan Paslon nomor urut 2 pada detik-detik terakhir masa kampanye.

Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Sidoarjo, Agung Nugraha, ketika dikonfirmasi JatimTerkini.com mengatakan, bahwa memang ada perubahan jadwal kampanye di wilayah Sidoarjo pada tanggal 9 Februari. Paslon AMIN yang sedianya akan berkampanye di Sidoarjo, kata Agung, sudah bergeser ke wilayah Kabupaten Pasuruan. Dan, wilayah Sidoarjo akan digunakan kampanye oleh Paslon Prabowo-Gibran.

“Memang sesuai keputusan KPU nomor 78 Tahun 2024 sudah di petakan zonasi wilayah kampanye di Jawa Timur. Dan, pada tanggal 9 Februari 2024 wilayah Sidoarjo akan digunakan kampanye akbar oleh Paslon AMIN. Namun, informasi yang kami terima bahwa kampanye Paslon AMIN sudah bergeser di wilayah Pasuruan di tanggal tersebut. Sehingga Sidoarjo digunakan kampanye oleh Paslon Prabowo-Gibran,” jelas Agung.

Lantas, apakah terjadi dugaan pelanggaran zonasi kampanye di wilayah Sidoarjo? Agung menyebut, jika perubahan zonasi wilayah kampanye sudah diatur oleh KPU. Artinya, lanjut Agung, ketika terjadi perubahan wilayah kampanye, maka harus disepakati bersama kedua belah pihak.

“Bahkan informasi yang kami terima setelah rapat dengan Polres, bahwa saat ini sudah ada rakor (rapat koordinasi) pengamanan kampanye Paslon nomor urut 1 di wilayah Pasuruan,” papar dia.

Selain itu, Agung juga menambahkan, jika sebelumnya pihaknya juga sempat menyampaikan adanya perubahan jadwal lokasi kampanye ke THN AMIN Jatim. “Saat itu sudah kami sampaikan ke tim hukum Paslon AMIN. Kami minta tim hukum AMIN untuk menghubungi pihak Paslon nomor urut 2 soal ini. Karena kami tidak ingin hal ini menjadi ruang sengketa dan kami tidak mau disalahin,” tambah Agung.

Agung juga mengakui, jika perubahan jadwal maupun lokasi kampanye kerap menjadi sengketa Pemilu. Untuk itu, lanjut dia lagi, jika terjadi perubahan harus disepakati bersama oleh masing-masing Paslon peserta Pemilu. Kebijakan itu juga diatur oleh KPU, sebagai penyelenggara Pemilu.

Sementara, Ketua Tim Hukum Nasional (THN) AMIN Jatim, Andry Ermawan SH, ketika dikonfirmasi terkait hal itu membenarkan jika terjadi perubahan jadwal maupun lokasi kampanye. Ketua DPC IKADIN Sidoarjo ini memastikan, kampanye akbar AMIN akan digelar di Stadion Untung Suropati Pasuruan pada tanggal 9 Februari 2024. Kemudian, kata dia, kampanye akan dilanjutkan ke Tulungagung.

Ketua Tim Hukum Nasional (THN) AMIN Jatim, Andry Ermawan SH memastikan kampanye AMIN di Pasuruan. Foto: ist

Bahkan saat ini, kata Andry lagi, pihaknya sudah mendapatkan ijin dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan atas pelaksanaan kampanye akbar AMIN tersebut.

“Ya, kita sudah mendapat ijin dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk digelarnya kampanye besok,” tegas Ketua Umum ILSC (Indonesia Lawyer Shooting Club) ini.

Andry menambahkan, bahwa THN Jatim akan mengawal jalannya kampanye terakhir di Jawa Timur, termasuk di Pasuruan dan Tulungagung. Untuk kampanye di Pasuruan, pihaknya akan menerjunkan sedikitnya 50 orang tim hukum dari berbagai daerah, diantaranya dari Situbondo, Malang, Surabaya, Gresik dan lainnya. “Sedangkan anggota tim hukum lainnya akan mengawal kampanye di Tulungagung. Jadi untuk besok, tim hukum akan kita pecah menjadi dua, yang satu kelompok di Pasuruan, sedangkan satu kelompok lagi di Tulungagung. Dan, kami memastikan besok Kampanye AMIN di Pasuruan, yang akan dihadiri Raja Dangdut Rhoma Irama, sudah pasti digelar,” papar Andry.

Sedangkan disinggung perubahan jadwal di wilayah Sidoarjo, apakah sudah ada kesepakatan antara Paslon nomor 1 dengan Paslon nomor 2? Andry menyebut bahwa kesepakatan perubahan lokasi kampanye itu tentunya diselesaikan oleh Tim Kampanye Daerah dari masing-masing Paslon. “Kalau soal itu sebenarnya bukan ranah kami (THN Jatim) ya. Tapi tentunya sudah disepakati,” pungkas Alumni Fakultas Hukum UII (Universitas Islam Indonesia) ini.

Sementara, Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran belum berhasil dikonfirmasi atas masalah tersebut. (Rud)


Related posts

Apel Jam Pimpinan, Kapolresta Mojokerto Sampaikan Beberapa Poin

Polisi Fasilitasi Pembuatan SIM D Bagi Penyandang Disabilitas di Situbondo

Kapolres Tulungagung Ajak Paguyuban Pencak Silat Untuk Selalu Guyub Rukun Demi Kamtibmas Kondusif

Adhis