Antisipasi Pelanggaran Anggota, Polresta Mojokerto Lakukan Sidak Gaktibplin ke Polsek

oleh -17 Dilihat

jatimterkini.com, Mojokerto Kota – Guna mengantisipasi terjadinya pelanggaran oleh anggota, Polresta Mojokerto melakukan Sidak Penegakan dan Penertiban Disiplin (Gaktibplin) ke jajaran polsek yang berada di bawah naungan wilayah hukumnya, Senin (20/09/2022).

Kasi Humas Polresta Mojokerto IPTU MK Umam menyatakan bahwa Gaktibplin merupakan upaya pengawasan internal terhadap seluruh anggota kepolisian, baik yang berdinas di Mapolresta maupun Polsek-polsek jajaran. Pemeriksaan yang dilakukan umumnya meliputi pemeriksaan kelengkapan anggota, administrasi, hingga persenjataan.

“Dalam sidak Gaktibplin, petugas akan mengecek seluruh kelengkapan anggota Polsek, mengevaluasi sikap tampang anggota dari sisi kerapian dan kelengkapan seragam, serta kondisi senjata apakah terawat atau tidak,” jelas IPTU MK Umam.

Lebih lanjut, Kasi Humas Polresta Mojokerto menjelaskan bahwa anggota Polsek yang tidak disiplin akan mendapatkan sanksi. Baik berupa peringatan maupun penarikan senjata.

IPTU MK Umam memaparkan bahwa kegiatan Gaktibplin ke Polsek jajaran ini dilakukan secara rutin oleh Wakapolresta dan Kasipropam Polresta Mojokerto.

“Meskipun Gaktibplin rutin dilaksanakan, kegiatan ini biasanya dilakukan secara mendadak tanpa memberi pemberitahuan kepada polsek yang berkaitan terlebih dahulu,” papar IPTU MK Umam.

Melalui Gaktibplin, Kasi Humas Polresta Mojokerto berharap kegiatan tersebut dapat mengantisipasi adanya penyelewengan wewenang maupun bentuk pelanggaran lainnya. (MK/DLN)