JatimTerkini.com
Headline JTJatimSurabayaTerkini

Peringati Maulid Nabi, Ibu-ibu Pengajian Rochmatul Ummah Santuni Anak Yatim dan Kunjungi Masjid Nabawi Blitar

Ibu-ibu Pengajian Rochmatul Ummah ketika mengunjungi Masjid Nabawi Blitar. Foto: ist

Surabaya-JATIMTERKINI.COM: Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, ibu-ibu warga RW XI, Kelurahan Kali Rungkut, Kecamatan Rungkut, melakukan bakti sosial dan wisata religi.

Sekitar 40 ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Pengajian Rochmatul Ummah ini melakukan bakti sosial, dengan memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu di Panti Asuhan Patria Utama Jaya, yang terletak di Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Pembina Kelompok Pengajian Rochmatul Ummah, Prof. Dr. Hesti Armiwulan S.,S.H.,M.Hum, mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan bagian dari bentuk kepedulian masyarakat untuk membantu mereka yang membutuhkan, khususnya kepada anak-anak yatim piatu.

“Saat kondisi ekonomi yang semakin sulit, solidaritas dan saling tolong menolong menjadi perekat yang menguatkan jati diri sebagai warga bangsa,” tutur perempuan yang kini menjadi Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Surabaya (FH-Ubaya) ini.

Dalam kesempatan itu, menurut Prof Dr Hesti, ibu-ibu Pengajian Rochmatul Ummah tidak hanya memberikan santunan kepada 75 anak yatim piatu saja, tetapi juga memberikan dana bantuan untuk pembangunan Panti Asuhan. “Juga memberikan bingkisan, berupa susu dan makanan untuk anak-anak,” ujar Prof Dr Hesti kepada JatimTerkini.Com.

Kegiatan tersebut, lanjut Prof Dr Hesti, juga menjadi ajang untuk menjalin silaturahmi tanpa membedakan status masing-masing. “Kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi. Slogan kami, Guyub Rukun Sak Lawase,” jelasnya.

Setelah mengunjungi Panti Asuhan Patria Utama, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan wisata religi. Yakni, mengunjungi Masjid Ar Rachman, yang dikenal dengan sebutan Masjid Nabawi, yang berada di Jalan Ciliwung Nomor 2, Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Di Masjid ini, ibu-ibu pengajian Rochmatul Ummah tidak hanya melakukan shalat, tetapi juga mengenal jejak-jejak sejarah perjalanan Islam di kawasan Blitar.

Tak lama kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Kebun Blimbing, yang lokasinya tak jauh dari Masjid Nabawi Blitar. Di kebun yang dikelola oleh petani setempat ini, ibu-ibu bisa menikmati manisnya buah Blimbing sepuasnya. (Rud)