Wujudkan Daerah Layak Anak, Pemerintah Gelar Sosialisasi

Polres Trenggalek – Pemerintah Kabupaten Trenggalek melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA). Salah satunya dengan gencar melakukan sosialisasi sosialisasi kepada masyarakat tentang program layak anak dan membentuk Kecamatan Layak Anak (Kelana)

Kegiatan sosialisasi program Kecamatan Layak Anak tersebut seperti yang dilaksanakan pada pagi ini bertempat di Aula Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Jumat (8/11) dan dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek, Babinsa jajaran Posramil Suruh, Kepala Desa dan Perangkat Desa Puru, Ngrandu, Gamping, Nglebo dan Wonokerto serta Kepala SD se Kecamatan Suruh dan juga perwakilan pelajar dari SMK Negeri 1 Suruh.

Dra. Endang perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Trenggalek selaku narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa untuk mewujudkan target ini merupakan prioritas yang akan dicapai oleh pihaknya. Mengingat saat ini masih banyak terjadinya persoalan yang dialami oleh anak diwilayah Kabupaten Trenggalek, seperti tindakan asusila maupun kekerasan terhadap anak.

“Ini masalah yang penting dan urgent untuk diwujudkan. Oleh karena itu kita perlu menyamakan persepsi dari masing-masing camat dan kepala Desa, sehingga program Kelana ini bisa segera terwujud,” jelasanya.

Lebih lanjut, Dra Endang menerangkan bahwa kita harus memotivasi dan mendorong masyarakat dan dunia usaha yang ada di wilayah Desa untuk turut serta dalam upaya mewujudkan pembangunan yang responsif terhadap hak, kebutuhan dan kepentingan terbaik bagi anak, kita juga harus mengintegrasikan potensi SDM, keuangan, sarana prasarana, metode dan teknologi yang ada pada pemerintah desa, partisipasi masyarakat serta dunia usaha didesa dalam mewujudkan hak anak serta memastikan dalam pembangunan Desa selalu memperhatikan kebutuhan, aspirasi, kepentingan terbaik bagi anak dan tidak diskriminasi terhadap anak.

“Menciptakan Desa yang aman dengan membentuk serta menjalankan program kegiatan Perlindungan Anak terhadap Kekerasan dan juga melibatkan partisipasi anak melalui Forum Anak Desa (FAD) dalam pembangunan di Desa,” pungkasnya

Sementara itu, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K, M.H melalui Kapolsek Suruh Kompol Wardjito, SH saat dihubungi menyampaikan apresiasi atas digelarnya sosialisasi program layak anak tersebut karena akan dapat menurunkan tingkat kekerasan pada anak sehingga kondusifitas Kamtibmas akan dapat tercipta dan terpelihara dengan baik.

“Dengan adanya sosialisasi ini masyarakat dapat mengenali dan menelaah serta mengambil inisiatif dalam mencegah dan memecahkan masalah terkait dengan fenomena kekerasan terhadap perempuan dan anak pada saat ini,” ujar Kapolsek Suruh Polres Trenggalek Kompol Wardjito, SH

“Kami sangat berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut, para kepala Instansi dan Perangkat Desa, Bhabinkamtibmas serta Babinsa bisa berperan agar masyarakat desa khususnya untuk anak dan perempuan lebih mengenal haknya agar dapat tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan juga terhindar dari kekerasan dan diskriminasi,” pungkas Kompol Wardjito, S.H

Sumber : Polres Trenggalek

Polrestabes Trenggalek

Related Post