WUJUDKAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN PEMILU 2019, KPU JATIM GELAR RAKOR

17 views

 

Mojokerto, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar Rapat Koordinasi Monitoring/ Evaluasi dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Adhoc Pemilu 2019 KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur hari ini, Rabu sampai Jum’at, tanggal 14-15 Agustus 2019 di hotel Ayana Trawas Mojokerto. Rakor dilaksanakan dalam rangka mewujudkan akuntabilitas laporan keuangan pemilu tahun 2019.

Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua KPU Jatim, Choirul Anam. “Kami sengaja membuat acara ini karena untuk mewujudkan pelaporan keuangan pemilu di Jawa Timur yang akuntabel. Disamping itu kegiatan ini sekaligus untuk peningkatan kapasitas kelembagaan dan persiapan PDTT (Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu),” jelas Ketua KPU Jatim (14/8/2019).

Di Jawa Timur menurut Anam, semua tahapan pemilu 2019 sudah selesai. 38 KPU Kabupaten/ Kota dan Provinsi telah melakukan penetapan jumlah kursi parpol dan calon terpilih DPRD. Yang belum tuntas tinggal laporan pertanggungjawabannya, sehingga harapannya dengan diadakan kegiatan ini laporan keuangan pemilu 2019 semakin baik, clear, dan tidak ada temuan-temuan.

“Jawa Timur tidak ingin menjadi beban bagi KPU RI yang menyumbangkan masalah untuk laporan keuangannya, untuk itu Kami di Provinsi juga terus berkomitmen ikut membina dan membimbing Kabupaten/ Kota dengan sebaik mungkin terkait laporan keuangan. Sehingga kedepan KPU bisa WTP lagi,” tutur pria yang akrab disapa Cak Anam ini.

Anam pun memberikan apresiasi kepada pengelola keuangan. “Pengelola keuangan ini merupakan orang-orang yang luar biasa, yang kurang sering terlihat karena kerjanya di belakang, namun mereka ini yang terus menyalakan tungku untuk KPU. Maka dari itu, di acara ini nanti kan ada pemberian penghargaan kepada para pengelola keuangan berprestasi,” katanya.

Terakhir, Anam berharap tahapan pemilu 2019 telah sukses, begitu juga laporan keuangan dapat sukses semua.

Hadir secara khusus dalam rakor ini, Ketua KPU RI, Arief Budiman, Anggota KPU RI, Ilham Saputra, Sekjen KPU RI, Arif Rahman Hakim, Biro Keuangan KPU RI. Sementara itu dari KPU Jatim ada Ketua dan Anggota KPU Jatim, Choirul Anam, Gogot Cahyo Baskoro, M. Arbayanto, Rochani, Insan Qoriawan, serta Sekretaris KPU Jatim, Muhammad Eberta Kawima.

Sedangkan peserta rakor yakni terdiri dari Ketua, Sekretaris, PPK, Bendahara Pengeluaran, operator SIMAK, operator SAIBA dari 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

KPU Jatim pemilu Pilgub Jatim Politik

Posting Terkait