JatimTerkini.com
Headline JT Kediri Raya

Wujud Keseriusan, Polres Trenggalek Gelar Asistensi Tim Penegak Disiplin Komunitas

Polres Trenggalek – Pencanangan tim penegak disiplin berbasis komunitas yang diinisiasi oleh Polres Trenggalek tidak hanya sebatas wacana. Tim penegak disiplin ini merupakan motor penggerak penerapan protokol kesehatan di lingkungan komunitas masing-masing.

Keseriusan tersebut dibuktikan dengan digelarnya supervisi dan asistensi di beberapa lokasi komunitas di Trenggalek yang dipimpin langsung oleh Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum. Selasa (15/9).

“Iya benar, hari ini kami melaksanakan asistensi dan supervisi di dua lokasi. Komunitas KB Samsat Trenggalek dan perusahan rokok Alfi Putra di desa gembleb Kecamatan Pogalan.” Ujar AKP Suyono.

Masih kata AKP Suyono, asistensi ini untuk mengetahui secara langsung dan memastikan bahwa tim penegak disiplin ini dapat dijalankan dengan baik, kendala dan hambatan apa saja yang ditemui untuk kemudian dilakukan evaluasi untuk perbaikan kedepan.

Konsep tim penegak disiplin berbasis komunitas ini adalah bagaimana satu kelompok tertentu mampu secara mandiri menerapkan protokol kesehatan secara ketat terhadap anggotanya. Jika ada yang melanggar, komunitas ini yang mengingatkan dan memberikan teguran sehingga tumbuh kesadaran kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Semangatnya adalah kebersamaan, konsistensi dan disiplin. Terapkan 4M dimanapun kita berada. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.” Ujarnya

Penerapan disiplin protokol kesehatan ini adalah implmentasi dari pelaksanaan Inpres nomor 6 tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020 dan Perbup Trenggalek nomor 31 tahun 2020, dimana telah diatur sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

“Kepolisian bersinergi bersama Kejaksaan, pengadilan dan Satpol PP juga telah menggelar operasi yustisi sidang ditempat dan sanksi bagi yang melanggar adalah denda. Untuk itu, kami imbau semua elemen masyarakat untuk mematuhi dan mentaati prokes, untuk Trenggalek bebas Covid019” Imbuhnya.

“Alhamdulillah dari pantauan kami didua lokasi tersebut, semua telah berjalan dengan baik. Protokol kesehatan juga dilaksanakan dengan disiplin,” Pungkasnya

Sebagaimana diketahui tadi pagi, Kapolres Trenggalek AKBP Doni satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. telah mencanangkan tim penegak disiplin berbasis komunitas. Untuk sementara ada terdapat lima komunitas yang telah dirintis yakni komunitas pasar hewan, pabrik rokok, wisata tebing lingga (WTL), KB Samsat dan Terminal Bus. Kedepan, tim penegak disiplin ini akan terus dikembangkan hingga menjangkau komunitas lainnya diseluruh pelosok Trenggalek.

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

AIPTU Muryanto : Ambil cara Hunting dalam Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Adhis

Bantu Warga Terdampak Covid 19, Bhabinkamtibmas Desa Puru Berikan Bantuan Beras

Adhis

Sambut Tatanan Baru, Polisi di Kampak Kunjungi Tempat Kumpul Warga

Adhis