Wow, Ratusan personel TNI/Polri di Trenggalek Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa

72 views

Trenggalek – Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, Polres Trenggalek kembali menginisiasi pembentangan bendera merah putih raksasa. Sedikit berbeda, jika tahun sebelumnya dilakukan di gunung Kebo, kali ini bendera merah putih raksasa dibentangkan di bukit Tunggangan Desa Kendalrejo Kecamatan Durenan. Kamis (15/08)

Bukit Tunggangan dipilih bukan tanpa alasan. Bukit yang menjulang tinggi tersebut merupakan lokasi wisata paralayang puncak kromo Dipo yang baru saja diresmikan beberapa tahun silam. Selain itu, bentangan bendera merah putih tersebut akan mudah dilihat oleh masyarakat mengingat berbatasan langsung dengan jalan protokol nasional sekaligus mempromosikan wisata andalan kabupaten Trenggalek kepada khalayak luas.

Ratusan petugas gabungan dari TNI, Polri dan instansi terkait serta organisasi kepemudaan dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Saking besarnya, dibutuhkan puluhan orang untuk mengangkat dan membawa bendera hingga mencapai puncak bukit.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Komandan Kodim 0806 Trenggalek Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos, pejabat utama Polres Trenggalek, Kapolsek dan Danramil jajaran, Ka Pos SAR Trenggalek dan ratusan peserta dari unsur TNI, Polri, BNNK, SAR, Pramuka, Komunitas pecinta alam dan civitas Pramuka..

Nuansa kebersamaan, kekompakan dan soliditas sangat tergambar saat prosesi pembentangan bendera berukuran 50 m X 9 m tersebut dilakukan. Satu sama lain saling membahu tanpa memandang pangkat maupun seragam yang digunakan.

Saat bendera merah putih sukses dibentangkan, sontak sorak sorai kegembiraan dari personel yang terlibat membahana di seputar lokasi. Raut bangga dan bahagia nampak jelas tergambar dari wajah para petugas. Rasa Lelah dan keringat yang menetes seakan terbayar tuntas menyaksikan dwi warna membentang apik di pepanjang bukit.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. menuturkan, tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan diawali dengan salat subuh berjamaah bersama masyarakat disalah satu Masjid yang tak jauh dari lokasi kemudian dilanjutkan dengan apel pemberangkatan dan pengibaran bendera pada tiang kecil dipuncak bukit diiringi lagu Indonesia Raya sebelum kemudian dilaksanakan pembentangan bendera raksasa bersama-sama

“Kita jadikan agenda tahunan setiap bulan Agustus, memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan menumbukan jiwa Nasionalisme serta rasa cinta tanah air” Ungkap AKBP Didit

“Apa yang kita lakukan ini tidak sebanding dengan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan hingga mengorbankan harta maupun nyawa demi tegaknnya NKRI.” Imbuhnya

Masih kata AKBP Didit, dengan pembentangan bendera raksasa ini pihaknya berharap dapat menginspirasi generasi muda yang berjiwa patriot, pantang menyerah dan tentunya memiliki nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dan negara Indonesia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat, pengibaran bendera raksasa ini kami persembahkan untuk Indonesia dan masyarakat kabupaten Trenggalek” Ucapnya

Sementara itu, Kasubaghumas Polres Trenggalek Iptu Supadi yang juga bertindak sebagai panitia pelaksana kegiatan pembentangan bendera raksasa mengatakan, persiapan dilakukan hanya beberapa hari menjelang pelaksanaan. Pihaknya menurunkan beberapa personel untuk melakukan survei lokasi guna mencari jalur termudah yang didukung dengan view yang bagus.

“Bisa dikatakan tanpa kendala. Jalur pendakian relatif lebih muda mengingat lokasi yang notabene adalah tempat wisata paralayang” Ujar Iptu Supadi.

“Alhamdulillah, pembentangan bendera berjalan sukses dan lancar” Pungkasnya

Trenggalek

Posting Terkait