Tipu dan Gadaikan Motor Teman, Seorang Pemuda Diringkus Petugas

Trenggalek – Seorang pemuda berisial DAS asal kabupaten Kediri harus berurusan dengan pihak Kepolisian setelah sebelumnya dilaporkan oleh salah satu warga Trenggalek. DAS diamankan petugas lantaran diduga kuat telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan nilai kerugian mencapai Rp. 23 Juta Rupiah.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. dalam konferensi pers yang digelar di halaman Mapolres siang ini. Rabu (14/08).

“Tersangka DAS ditangkap hari Sabtu tanggal 3 Agustus 2019 sekira pukul 20.00 WIB di rumahnya Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Pelaku dan barang bukti dibawa ke Polres Trenggalek guna penyidikan lebih lanjut” Ungkap Orang nomor satu dijajaran polres Trenggalek ini

Kejadian berawal saat tersangka mengutarakan kepada korban akan meminjam BPKB sepeda motor milik korban yang akan digunakan sebagai jaminan hutang di kantor FIF Durenan dengan besaran pinjaman sejumlah Rp. 7 juta rupiah pada bulan Mei tahun 2019 yang lalu. DAS beralasan menggunakan uang tersebut untuk keperluan berobat ibunya. Merasa iba, akhirnya korban meminjamkan BPKB miliknya kepada pelaku.

Sesuai kontrak perjanjian dengan FIF, pinjaman setiap bulannya hingga pelunasan diangsur/dibayar oleh korban, karena berkas/data pinjaman tersebut langsung atas nama korban. Tersangka saat itu berjanji akan mengganti semua besaran pinjaman yang dibayarkan korban.

Tak hanya itu saja, DAS juga meminjam sepeda motor beserta STNK milik korban dengan alasan untuk mengantar ibunya berobat.

“Namun ternyata tanpa seizin korban, sepeda motor tersebut digadaikan kepada seseorang sebesar Rp. 4 juta rupiah.” Ujar AKBP Didit

Di tengah perjalanan dalam proses perjanjian tersebut, korban sempat menghubungi tersangka untuk menanyakan keberadaan sepeda motornya, tetapi tersangka saat itu tidak bisa dihubungi. Bahkan korban sempat mendatangi rumah DAS namun yang bersangkutan tidak ada di tempat. Merasa ditipu, akhirnya korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Trenggalek.

Petugas berhasil mengamankan barang bukti antara lain, surat keterangan dari FIF, sebuah BPKB, Foto copy STNK, surat pernyataan tertanggal 4 Juli 2019 dan tiga lembar bukti setoran. Sedangkan terhadap DAS petugas menjerat dengan pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan yang diancam dengan pidana maksimal 4 (empat) tahun penjara