Tingkatkan Kompetensi, Satsabahara Gelar Pelatihan Dalmas

Polres Trenggalek – Menjelang Pemilu 2019, Satsabhara Polres Trenggalek terus menggembleng anggotanya dengan berbagai pelatihan sesuai kompetensi dan tugas pokoknya. Dari pelatihan yang bersifat perorangan atau individu maupun berkelompok dalam ikatan peleton dan kompi.

Seperti yang terlihat di halaman Mapolres siang ini, satu peleton pengendali masa atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dalmas terlihat berlatih berbagai gerakan menghalau massa dalam ikatan peleton. Kamis (18/10)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Cuaca sedikit panas nampaknya tidak terlalu mempengaruhi semangat anggota Satsabhara yang didominasi oleh Bintara remaja ini untuk berlatih. Gerakan ikatan peleton inipun terlihat kompak dan bersemangat.

Tak ketinggalan tenaga instruktur handal yakni Aiptu Sudarwani dan Aiptu Sugeng yang memang sudah berpengalaman di bidang pengandalian massa saat berdinas di satuan Brimob mendampingi para peserta pelatihan sembari memberikan instruksi-instruksi membentuk formasi tertentu.

Dikonfirmasi terpisah Aiptu Sugeng menerangkan, pada dasarnya setiap anggota Polri sudah memiliki pengetahuan dasar tentang pengendalian massa karena materi tersebut juga diajarkan pada saat pendidikan.

“Yang dilatihkan hari ini hanya merefresh kembali formasi Dalmas yang efektif.” Terang Aiptu Sugeng

Masih kata Aiptu Sugeng, materi yang diberikan berkisar tentang gerakan formasi tiap regu dalam ikatan peleton serta peran dan tugas masing-masing personel. Mulai dari barisan terdepan sampai belakang.

“Setelah formasi benar-benar matang, baru kita tingkatkan menggunakan peralatan Dalmas, semisal tameng, helm, tongkat dan baju Dalmas. Ada juga nanti yang memegang senjata laras licin atau pelontar gas air mata. Termasuk formasi saat menggunakan kendaraan water canon” Imbuhnya

Lebih lanjut Iptu Sugeng menuturkan, secara keseluruhan pelatihan tersebut merupakan bentuk kesiapan Polres Trenggalek dalam menghadapi segala gangguan Kamtibmas yang bersifat pengerahan massa dalam jumlah besar menjelang Pemiu 2019 mendatang.

“Agar saat dibutuhkan, semua personel dan perangkat penunjang benar-benar siap dan ready to use” Pungkasnya

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : Polres Trenggalek