JatimTerkini.com
Sidoarjo

Tim Komisi II DPR RI Apresiasi Keberadaan MPP Sidoarjo, Layak Diadopsi Daerah Lain

(SIDOARJOterkini) – Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Sidoarjo untuk melakukan pengawasan tentang pelaksanaan pelayanan publik yang ada di Mall Pelayanan Publik jalan Lingkar Timur Sidoarjo, Jumat 28 Mei 2021.

Rombongan Dewan yang juga diikuti oleh ketua Ombudsman RI Mokh Najih melihat langsung berbagai pelayanan publik yang ada di MPP, yang kemudian dilanjutkan ke Pendopo Sidoarjo untuk menggelar rapat pembahasan.

“Secara menyeluruh pelaksanaan pelayanan yang ada di MPP Sidoarjo sudah bagus,”ungkap Ahmad Doli Kurnia Tandjung, ketua komisi II DPR RI.

Dikatakan Ahmad Doli, MPP merupakan upaya yang baik dari Pemkab Sidoarjo dalam memberikan layanan yang baik dan cepat. Sistem yang sudah dibangun harus diiringi dengan pengelolaan yang baik.

“Dibutuhkan inovasi pelayanan di tengah pandemi, yang harus bisa merubah mindset yang menyesuaikan situasi sekarang,”ucapnya.

Senada disampaikan Rifqinizami Karsayuda anggota Komisi II, pihaknya mengapresiasi positif inovasi pelayanan yang telah dilakukan Pemkab Sidoarjo. Namun, perlu perbaikan infrastruktur digital yang harus terus diupgrade.

“Karena meski sudah dilakukan satu atap namun kecepatan pelayanan masih menjadi catatan kit,”ungkap politisi PDI-P itu.

Menurutnya, pelayanan satu atap sudah dilakukan namun data tetap dibawa dari bawah, dan perlu adanya intervensi digital di tingkatan pemerintahan bawah.

“Kades dan lurah harus lebih familiar dengan berbagai data yang berbasis digital
dan desentralisasi pelayanan harus dilakukan di tingkat kecamatan juga, karena tidak baik juga dalam berbagai pengurusan warga harus datang ke ibukota kabupaten ,”ucapnya.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo Ari Suryono menjelaskan, keberadaan sistem OSS (Online Single Submission) yang telah dijalankan oleh Pemkab Sidoarjo dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

“Sistem OSS dengan program SIPPADU di Kabupaten Sidoarjo menjadi Pioneer dan pilot projects yang telah direplikasi oleh 50 Kabupaten kota di Indonesia,”ungkapnya.

Untuk kedepannya lanjut Ari, Pemkab Sidoarjo tengah mempersiapkan sistem OSS UU Cipta Kerja yang akan dijalankan bulan depan.

“Sistem telah kita persiapkan sesuai dengan aturan yang berlaku,”ucapnya.

Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor menyampaikan, Kedatangan tim komisi II DPR RI ke Kabupaten Sidoarjo untuk melihat secara langsung berjalannya MPP, apa sesuai dengan standar pelayanan publik dan berencana akan diterapkan ke daerah lain.

“Tentu ini menjadi hal yang membanggakan, keberadaan MPP akan diadopsi untuk pelayanan di daerah lain,”ujarnya.

Dikatakan Muhdlor, tim Komisi II DPR-RI juga mengapresiasi keberadaan MPP cukup bagus dan tinggal mengisi kekurangan yang harus dilengkapi saja.

“Tim DPR RI mengatakan MPP Sidoarjo merupakan pilot projects yang layak dan akan diterapkan untuk dikembangkan di daerah lain,”tandasnya. (ADV/st-12)

The post Tim Komisi II DPR RI Apresiasi Keberadaan MPP Sidoarjo, Layak Diadopsi Daerah Lain appeared first on SIDOARJO TERKINI.

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

DPC PKB Sidoarjo Gelar Muscab V, Target 20 Kursi di Pemilu 2024

Abdul

Bea Cukai Juanda Gagalkan Upaya Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp 2.937.500.000,-

Abdul

Jelang Ramadhan Pasar Baru Porong Beroperasi

Abdul