Tekan Kecelakaan, Dinkes Jatim Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Sopir Bus

Surabaya, JatimTerkini – Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas pada mudik Lebaran 2019, Dinas Kesehatan Jatim melakukan pemeriksaan gratis bagi supir bus di Terminal Purabaya Sidoarjo, Selasa (28/5). Pemeriksaan kesehatan supir bus oleh tim medis Pemprov Jatim dan Kemenkes meliputi cek tekanan darah, gula darah, amfetamin dan alkohol.
‘’Kita berharap dengan pemeriksaan kesehatan ini para supir yang mengantar para penumpang dapat sampai tujuan dengan selamat. Untuk itu pemeriksaan kesehatan ini wajib bagi para supir yang akan laik atau mengangkut penumpang,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan Jatim, dr Kohar Hari Santoso.
Kohar menyatakan, pemeriksaan kesehatan supir bus ini nantinya akan menjadi bahan atau rekomendasi bagi Kepala Terminal dan Perusahan OTO Bus untuk laik mengemudi. Jika dari hasil pemeriksaan ternyata supir bus tidak laik, maka Kepala terminal dan Perusahan OTO Bus bisa membatalkan supir yang tidak sehat untuk tidak mengemudi.
‘’Jika rekomendasi tes kesehatan ini diperhatikan benar oleh Kepala Terminal dan Perusahan OTO Bus maka keselamatan penumpang akan terjaga,’’ jelasnya.
Menurutnya, dengan hasil evaluasi angka kecelakaan lalu lintas tahun 2018 mengalami peningkatan dari tahun 2017. Tahun 2017 angka kejadian sebayak 656, jumlah korban 1105 orang dan meninggal 38 orang. Sedangkan tahun 2018 angka kejadian naik menjadi 1561, jumlah korban 2361 orang dan meninggal 63 orang.
‘’Untuk itu diharapkan pemeriksaan kesehatan supir bus ini akan menjadi petimbangan penting bagi Kepala Terminal dan Perusahan OTO Bus untuk menyatakan supir atau bus yang akan berangkat benar-benar siap,’’ tegasnya. dna

Dinkes Jatim mudik

Related Post