TalkShow Gerakan Melindungi Hak Pilih #GMHP

IMG-20181017-WA0033 IMG-20181017-WA0098 Pasuruan, kpud-pasuruankab.go.id – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) meluncurkan Gerakan Melindungi Hak Pilih #GMHP. Gerakan yang dilakukan serentak seluruh Indonesia, juga dilaksanakan secara masif di Kabupaten Pasuruan.

Melalui Gerakan Melindungi Hak Pilih #GMHP, KPU Kabupaten Pasuruan mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif menyebarluaskan infomasi hingga ke pelosok untuk menyukseskan Pemilu 2019 khususnya terkait Daftar Pemilih. Komisioner Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Pasuruan Mohamad Husaini mengatakan GMHP bertujuan mengajak masyarakat menyukseskan Pemilu 2019 dengan terwujudnya Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akurat menyeluruh dan mutakhir. GMHP juga disosialisasikan melalui media sosial dengan tagar #GMHP agar dapat tersebar secara luas di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Rabu, 17 Oktober 2018, KPU Kabupaten Pasuruan mengadakan acara talkshow Gerakan Melindungi Hak Pilih #GMHP. Dengan menghadirkan narasumber Choirul Anam selaku komisioner  KPU Provinsi Jawa Timur, dan Widji Juli Kurnia selaku Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan. Acara digelar di RM. Ikan Bakar Cianjur (IBC) Pandaan, secara gratis dan terbatas dibuka untuk umum dengan pendaftaran melalui sms dengan mencantumkan Nama_NIK melalui kontak person yang telah ditentukan. Adapun acara dikemas dalam bentuk talkshow agar mudah dipahami masyarakat yang mengikuti acara tersebut, sehingga informasi yg diperoleh nanti juga dapat dibagikan kepada masyarakat yang lain.

Acara tersebut diadakan untuk memberikan kesempatan dan mengajak masyarakat yang memiliki hak pilih untuk memastikan diri telah terdaftar di DPT. Masyarakat dapat mengecek namanya di DPT melalui pos pelayanan yang dibuka di lokasi acara, juga melalui situs www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.  Pengecekan juga dapat dilakukan melalui aplikasi KPU RI Pemilu 2019 di smartphone, yang dapat didownload di playstore. Selain itu, masyarakat juga dapat datang secara langsung ke posko pelayanan GMHP hingga 28 Oktober 2018.

“Gerakan Melindungi Hak Pilih #GMHP dilaksanakan mulai 1-28 Oktober 2018, dalam rangka menyajikan DPT yang berkualitas dan akurat. Jadi, masih ada kesempatan lagi untuk memperbaiki DPTHP selama 60 hari mulai 16 September 2018. Jika ada tambahan di cantumkan, jika ada yang meninggal di coret serta lainnya,” kata Muhamad Husaini.

Muhamad Husaini menambahkan, KPU Kabupaten Pasuruan membuka Posko Layanan GMHP di kantor KPU  Jl. Sudarsono No. 1 Pogar – Bangil. Posko pelayanan juga dibuka di 24 Kecamatan dan 365 desa/kelurahan se-Kabupaten Pasuruan sehingga masyarakat dapat memberikan masukan tentang DPT di posko pelayanan terdekat.

Diketahui jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap pertama Kabupaten Pasuruan sebanyak 1.160.188 pemilih, berkurang sebanyak 2.232 dari jumah DPT 1.162.420 pemilih. Jumlah itu masih dapat berkurang maupun bertambah hingga ditetapkan DPTHP akhir.

(red:wwd/photo:teknishupmas) 

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : KPUD Kabupaten Pasuruan