Serambi Tani, Inovasi Pemasaran Produk Organik Kabupaten Kediri

Pemkab Kediri melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan membuat inovasi dalam usaha meningkatkan pemasaran produk pertanian asli Kabupaten Kediri. Yakni dengan membuat Serambi Tani. Serambi tani adalah sebuah toko yang menjual produk pertanian sehat unggulan Kabupaten Kediri.

serambi 1

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, meresmikan toko serambi tani ini di Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, Kamis (18/7). Dalam arahannya, Bupati berharap melalui toko ini bisa memotong jalur distribusi dari petani langsung kepada konsumen. Sehingga meningkatkan kesejahteraan petani.

“Toko ini menjadi solusi bagi petani organik Kabupaten Kediri untuk menjual produk mereka. Dulu mereka terkendala dalam pemasaran. Kini dengan ini (toko serambi tani) produk mereka dibantu untuk langsung dapat diterima oleh pasar yang memang membutuhkan produk organik,” jelasnya.

serambi 2

“Sebetulnya kebutuhan pasar akan produk organik masih besar. Terutama di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Kesadaran akan konsumsi makanan sehat sudah tinggi. Kini mereka mencari produk sehat dan mau membayar lebih mahal daripada produk non organik,” tambahnya.

“Oleh karena itu, hadirnya serambi tani ini semoga membawa nilai ekonomi lebih tinggi bagi petani organik. Sehingga meningkatkan kesejahteraan petani. Konsumen juga mendapat kemudahan mendapat produk organik yang lebih murah karena ini langsung dari produsen. Jadi seperti mendapat harga kulakan,” pungkasnya.

serambi 3

Sebagai informasi, beraneka produk usaha tani Kabupaten Kediri dijual di toko ini. Mulai produk unggulan seperti nanas, kopi, coklat, jambu kristal, bengkoang, semangka, papaya, sayuran organik, dan tidak ketinggalan beras organik. Terdapat pula beberapa tanaman obat serta bunga hias andalan kabupaten kediri seperti puring, aglonema dan anggrek. (Kominfo/yda,lks,tj,wk)

Sumber : Pemkab Kediri