Satlantas Polres Trenggalek Bekali Satpol PP Kemampuan Bidang Lalu Lintas

Trenggalek – Personel Satlantas Polres Trenggalek menjadi salah satu nara sumber dalam acara Sosialisasi dan pembinaan teknis pengembangan aparatur Satpol PP dan Pemadam kebakaran yang digelar di gedung Bawarasa Kabupaten Trenggalek. Rabu (10/07).

Sedikitnya 3 personel Satlantas yakni Kaurbinops Iptu Suwanan, Kanitdikyasa Aiptu Ali Wibowo dan satu orang anggota Polwan Bripda Siti Hanifah didapuk menjadi tenaga instruktur bidang kelalulintasan. Ketiganya memang sudah dikenal memiliki pengalaman cukup mumpuni dengan tugas-tugas bidang Binluh Lantas.

Dikonfirmasi terpisah, Iptu Suwanan menuturkan, dalam acara tersebut pihaknya memberikan materi tentang seluk beluk kelalulintasan mengingat dalam prakteknya, personel Satpol PP kerap kali turun ke jalan dan melakukan pengaturan arus lalu lintas. Bahkan tak jarang bersama dengan petugas Kepolisian melaksanakan pengamanan yang tentunya bersentuhan dengan tugas-tugas kelalulintasan.

“Ada beberapa materi yang diberikan khususnya terkait dengan tugas yang diemban Satpol PP seperti tehnik patroli, penjagaan, pengawalan dan pengaturan lalu lintas.” Jelas Iptu Suwanan

“Disamping itu diberikan pula materi pengetahuan dasar peraturan dan etika berlalu lintas” Imbuhnya

Tak sekedar teori belaka, masih kata Iptu Suwanan, para peserta juga praktek secara langsung bagaimana cara pengaturan lalu lintas yang baik dan benar. Dengan menggunakan metoda team teaching, Iptu Suwanan dibantu anggota memperagakan 12 gerakan pengaturan lalu lintas yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta.

“12 gerakan pengaturan lalu lintas ini wajib dikuasai oleh masing-masing peserta mengingat gerakan ini adalah dasar saat mengatur lalu lintas.” Ujar Iptu Suwanan.

Dengan pelatihan tersebut pihaknya berharap kemampuan atau skill individu dari para peserta semakin meningkat selaras dengan profesionalisme Satpol PP sebagai mitra kerja Polri dalam menjalankan tugas-tugas dilapangan khususnya bidang kelalulintasan sekaligus menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Trenggalek

Related Post