Sambut Personel Baru, Polres Trenggalek Gelar Bintra Baja

Polres Trenggalek – Terhitung sejak tanggal 1 Maret 2019 yang lalu, Polres Trenggalek menerima tambahan personel sebanyak 9 Bintara remaja lulusan Diktukba Polri TA. 2018/2019. Tambahan personel ini tentunya menjadi amunisi baru bagi perkuatan Polres Trenggalek dalam menjaga Kamtibmas kondusif di Kabupaten Trenggalek.

Sebagai bagian dari penyambutan personel baru, Polres Trenggalek menggelar Bimbingan Tradisi (Bintra) bagi 9 personel Bintara remaja (Baja) tersebut. Bintra dibuka langsung oleh Wakapolres Trenggalek Kompol Agung Setyono, S.S. dalam sebuah upacara yang digelar dihalaman Mapolres yang diikuti oleh pejabat utama dan seluruh anggota Polres Trenggalek. Rabu (24/04)

Pembinaan tradisi merupakan salah satu kegiatan yang telah melalui suatu proses perencanaan yang matang untuk membentuk karakter dan jati diri anggota Polri seutuhnya dalam rangka mengembangkan pengetahuan, sikap serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan Bintara Polri agar memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, moralitas yang di harapkan sesuai dengan kompetensi dan profesionalisme dalam rangka pelaksanaan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum yang menjunjung tinggi hak asasi manusia.

“Bintara Polri merupakan unsur terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga baik buruknya perilaku dan tindakan di lapangan akan langsung terasa oleh masyarakat serta berdampak pada citra Polri di tengah-tengah masyarakat.” Ujar Kompol Agung

Wakapolres menekankan beberapa hal kepada seluruh peserta, diantaranya meningkatkan iman dan taqwa terhadap Tuhan YME, menjaga perilaku dan menjadi teladan bagi masyarakat, tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun serta meningkatkan profesionalisme dalam bertugas.

Sementara itu, Kabagsumda Polres Trenggalek AKP Suprapto, S.H., mengungkapkan, secara keseluruhan jumlah peserta adalah 121 orang. Terdiri dari Baja lulusan Diktukba T.A. 2018/2019 ditambah 2 orang Polwan lulusan Sepolwan T.A. 2017/2018.

“Kebetulan Kedua Polwan tersebut belum mengikuti Bintra. Jadi kita jadikan satu sekaligus bersama 9 orang lainnya” Jelas AKP Suprapto.

Dalam Bintra ini, lanjut AKP Suprapto, peserta akan melakukan longmars sejauh 20 Km melintasi bukit dimana dalam beberapa pos akan diberikan pelatihan dasar ilmu Kepolisian seperti persenjataan, patroli jalan kaki, Wanteror, Jungle warfare serta simulasi pengepungan dan pengejaran pelaku kejahatan.

“Bintra berlangsung selama sehari penuh dan direncanakan ditutup oleh Kapolres sore nanti” Pungkasnya