Sambut HUT ke-71, Polwan Ajak Warga Trenggalek Jaga Nilai-Nilai Persatuan

43 views

Trenggalek – Memperingati HUT ke-71 Polisi Wanita (Polwan) Indonesia, jajaran Polres Trenggalek gencar melakukan rangkaian kegiatan yang mengedepankan Polwan sebagai pelaksana. Salah satunya adalah mengadakan sosialisasi melalui radio maupun  televisi lokal di Kabupaten Trenggalek

Tak tanggung-tanggung Kompol Siti Munawaroh, S.H. yang merupakan senior dan Koordinator Polwan Polres Trenggalek ikut turun langsung bersama para srikandi lainnya berkeliling ke stasiun radio untuk melaksanakan sosialisasi. Rabu (21/08)

“Kita bentuk beberapa tim kecil dan disebar dibeberapa stasiun radio. Masing-masing beranggotakan minimal dua orang personel Polwan” Ujar Kompol Siti

Materi sosialisasi masih kata Kompol Siti, pada dasarnya terkait dengan bagimana menjaga pluralisme dan wawasan kebangsaan serta persatuan sebagai sesama anak bangsa.

“Tetapi tidak hanya satu topik saja, kita juga sosialisasikan tentang tertib berlalu lintas serta peran serta masyarakat dalam memelihara dan menjaga Kamtibmas kondusif khususnya di Kabupaten Trenggalek” Imbuhnya

Lebih lanjut Kompol Siti menegaskan, ditengah lonjakan teknologi yang demikian pesat ditambah dengan trend media sosial yang cukup digemari masyarakat, selain dampak positif juga turut membawa pengaruh negatif melalui konten-konten negatif yang bertendensi memecah belah anak bangsa berupa Hoax, ujaran kebencian terhadap satu sama lain serta konten yang bersifat Sara.

Oleh sebab itu, perlu adanya upaya dari seluruh pihak khususnya Kepolisian untuk turut serta merekatkan dan meneguhkan kembali nilai-nilai kebangsaan, persatuan dalam satu rumah yang bernama Indonesia.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut, dilakukan juga dialog interaktif dengan masyarakat yang kebetulan mendengarkan radio. Beberapa pertanyaan seputar tugas-tugas kepolisian pun dijelaskan dengan gamblang oleh perwira menengah yang juga menjabat sebagai analis kebijakan bidang perencanaan tersebut.

“Karena membawakan adalah Polwan, jadi mungkin sedikit berbeda dan membawa warna tersendiri bagi masyarakat. Antusias dialog interaktif juga cukup tinggi.” Kata Kompol Siti

Pihaknya berharap, dengan sosialisasi tersebut, rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat dengan seluruh anugerah keragaman budaya, adat istiadat, suku, agama dan bahasa sebagaimana yang tersirat dalam Bhineka Tunggal Ika.

Untuk diketahui, Hari lahir Polwan di peringati tanggal 1 September setiap tahunnya. Hal tersebut tak lepas dari perjalanan sejarah dimana pada tanggal 1 September 1948 secara resmi dibuka pendidikan inspektur polisi yang dikhususkan bagi kaum wanita.

Trenggalek

Posting Terkait