Saat AKBP Didit BWS Atur Lalu Lintas Atasi Kemacetan Lebaran Ketupat di Durenan

Trenggalek – Perayaan lebaran ketupat atau yang lebih dikenal dengan istilah `Kupatan` di Durenan Trenggalek berlangsung meriah. Perayaan yang merupakan budaya atau kearifan lokal bagi sebagian masyarakat Jawa Timur ini dilaksanakan seminggu setelah hari raya Idul Fitri. Ribuan warga dari berbagai pelosok kecamatan tumpek blek di memadatai jalan raya hingga gang-gang kampung. Rabu (12/06)

Padatnya arus lalu lintas khususnya jalan Nasional Tulungagung-Trenggalek membuat petugas Kepolisian yang bertugas harus bekerja ekstra keras. Tak mau berpangku tangan, Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. turun tangan bersama beberapa anggotanya mengatur lalu lintas tepat disimpang 4 Durenan yang merupakan simpul terpadat pada peryaan Lebaran Ketupat.

Bertindak sebagai penjuru yang berada ditengah jalan raya, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek sigap memberikan isntruksi kepada anak buahnya untuk menjalankan ataupun menghentikan kendaraan dari berbagai arah bergantian. Alhasil, tak berlangsung lama, arus lalu lintas yang awalnya macet, berlahan-lahan mulai lancar kembali.

“Karena padatnya volume kendaraan yang melintas, kita ambil langkah diskresi kepolisian dengan pengaturan manual di tengah jalan agar arus lebih mudah terurai dan mencegah kemacetan panjang” Jelas AKBP Didit

Masih kata AKBP Didit, simpang empat Durenan memang menjadi salah satu spot terpadat dimana merupakan titik temu dari segala arah. Sedangkan pusat dari perayaan Lebaran Ketupat itu sendiri berada tak jauh dari lokasi tersebut. Akibatnya, jalur yang merupakan jalan nasional tersebut penuh oleh pengendara yang didominasi oleh roda dua.

“Kami sudah lakukan upaya-upaya pencegahan dengan menempatkan personel di sepanjang jalur hingga gang dan jalan desa selain itu dilakukan pula rekayasa lalu lintas dengan mengarahkan pengendara pada jalur lain agar konsentrasi massa bisa terbagi di beberapa titik.” Imbuhnya

Pihaknya mengimbau agar masyarakat yang merayakan lebaran ketupat tetap waspada dan berhati-hati serta mentaati segala peraturan lalu lintas.