Rekom Depdagri untuk Tatib Belum Turun, Dewan Gagal Sahkan AKD

DPRD Jatim, Jatim terkini – Harapan pimpinan dewan agar tatib dewan segera mendapat persetujuan agar segera ada pengesahan alat kelengkapan dewan pada Senin (7/10) terpaksa gagal.Pasalnya, hingga kini dan sudah satu minggu ini belum ada tanda-randa rekom turun.

Wakil Ketua DPRD Jatim, Ahmad Iskandar mengaku jika rekom dari Depdagri belum turun. Meski dewan berharap minggu-minggu ini sudah turun agar dewan yang baru dilantik Agustus lalu dapat segera bekerja.

“Memang kami berharap Depdagri segera mengesahkan tatib. Dengan begitu kita segera  mengesahkan alat kelengkapan dewan tang duduk di komisi-komisi dan di badan-badan,,”tegas politikus asal Demokrat ini.

Seperti diketahui, setelah 15 hari bekerja, akhirnya tatib dewan diserahkan ke Mendagri untuk difasilitasi. Adapun dari total 224 pasal ada 63 pasal yang didrop karena sudah ada perdanya.

Anggota Pansus tatib dewan, Kodrat Sunyoto, mengakui jika  ada 63 pasal yang didrop karena sudah ada perdanya. Namun ada tambahan terkait soal tenaga ahli yang sebelumnya hanya satu tang diperbantukan di setiap fraksi kini diusulkan untuk ditambah, namun dinamakan tenaga profesional.

“Kalau diaturannya memang satu, namun melihat kondisi dan kebutuhan kita masih kurang. Untuk itu diusulkan ke mendagri ada tambahan tenaga namanya tenaga profesional,”tegas politisi asal Golkar ini yang mengaku pembahasam tatib sempat memanas.

Karenanya dalam tatib dewan yang krusial hanya ada tiga yaitu soal 63 pasal yang didrop karena sudah diatur dalam perda, penambahan tenaga profesional serta gubernur harus hadir dalam nota kesepakatan dan pengesahan raperda. Sit

 

 

DPRD Jatim

Related Post