RAKOR BERSAMA PESERTA PEMILU 2019, KPU JATIM BAHAS APPROVAL DAN PENAMBAHAN APK

 

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Surabaya, kpujatim.go.id – Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) bersama dengan peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, melakukan rapat koordinasi (rakor) di aula lantai 2 setempat, Selasa (9/10). Rakor juga dihadiri oleh pihak terkait di antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Satpol PP Jawa Timur, serta TNI dan Polri.

Adapun materi rakor membahas aturan penambahan Alat Peraga Kampanye (APK) dan persetujuan desain materi (approval) APK Fasilitasi KPU Provinsi Jawa Timur dalam Pemilu 2019. Rakor dipimpin langsung oleh Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro.

Pria yang akrab dipanggil Gogot ini menjelaskan, dalam approval APK mengundang seluruh peserta Pemilu 2019 yakni partai politik (parpol), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan tim kampanye calon Presiden dan Wakil Presiden. Approval dilakukan setelah sebelumnya desain APK dikoreksi bersama dengan Bawaslu Jawa Timur.

“Aprroval menjadi penting sebelum APK dicetak, makanya kami undang seluruh peserta Pemilu agar bisa segara melakukan approval,” ujarnya.

Dia menambahkan, bagi yang sudah diapproval dan dinyatakan tidak ada persoalan, akan segera dilakukan cetak APK oleh rekanan yang ditunjuk KPU Provinsi Jawa Timur. Serah terima APK, akan dilakukan di kantor KPU setempat dan selanjutnya untuk pemasangan diserahkan sepenuhnya kepada seluruh peserta Pemilu.

“Untuk pemasangan terserah dari peserta Pemilu, asal dengan catatan tidak dipasang ditempat yang dilarang,” pungkasnya.

Sementara itu, Divisi Pengawasab dan Pencegahan Bawaslu Provinsi Jawa Timur Aang Kunaifi mewanti-wanti agar seluruh peserta Pemilu 2019 taat aturan dalam pemasangan APK. Dia berharap jangan sampai dipasang di lokasi atau tempat yang masuk dalam larangan, oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot).

“APK yang difasilitasi oleh KPU Jatim, selain dipasang dilokasi yang tidak melanggar aturan, juga harus dijaga biar awet karena dapatnya cuma satu kali,” pungkasnya.

(BAY)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : KPU Jatim