JatimTerkini.com
Banyuwangi Headline JT

Polemik Dana PADes Sumberberas, Dua Pengurus BUMDes Dipanggil Polresta


Banyuwangi (jatimterkini.com) – Polemik penggunaan dana Pendapatan Asli Desa (PADes) Sumberberas, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, terus menggelinding. Terbaru, dua pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumberberas dipanggil penyidik Polresta Banyuwangi, Senin (10/1/2022) sore.

Kedua pengurus itu, Sh dan Nr. Keduanya, memegang posisi penting dalam BUMDes. Diduga mengetahui aliran dana setoran BUMDes ke pihak desa mulai tahun 2020 hingga 2021. Informasi yang diterima jatimterkini.com, keduanya dimintai klarifikasi selama 2 jam lebih oleh penyidik. Materinya, seputar setoran dana BUMDes ke desa. Terutama, selama tahun 2021. “Saya sudah beberkan semua bukti dan proses setoran dana BUMDes ke desa. Sejumlah bukti juga kami serahkan ke penyidik,” kata Nr usai memberikan klarifikasi di Polresta.

Yang mengagetkan, setoran dana BUMDes ke pihak desa tak seluruhnya menggunakan sistem transfer ke rekening desa. Diduga, ada yang ditransfer melalui rekening pribadi oknum pejabat desa. Ada juga yang diduga diberikan secara tunai. Nilainya fantastis. Ada yang Rp 50 juta dan Rp 35 juta. “ Kalau saya hanya menjalankan perintah, apa yang diminta saya laksanakan,” tegas Nr. Seingatnya, selama tahun 2021, pihaknya sebanyak 6 kali menyetorkan dana bagi hasil BUMDes ke desa. Total dananya senilai Rp 254.115.108. Dana ini berasal dari pengelolaan pasar desa.

Menurut Nr, proses penyerahan dana BUMDes sebagai PADes ini berdasarkan perintah tertulis dan juga lisan. “Sebenarnya, saya sudah berusaha meminta nomor rekening kas desa. Tapi, katanya biar praktis diserahkan secara tunai,” bebernya.

Sejatinya, kata Nr, Badan Perwakilan Desa (BPD) sudah menyarankan menyetorkan dana BUMDes melalui rekening desa. Namun, proses penyerahan dana BUMDes tetap mengikuti arahan atasan. Apalagi, belum ada aturan tertulis tentang tahapan penyerahan dana BUMDes ke desa. “ Kalau kami menyerahkan dana hasil BUMDes sesuai AD/ART yang ada, yaitu tiga bulan sekali,” tegas Sh menguatkan penjelasan Nr.

Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi Kompol Iwan Hari Poerwanto menegaskan pihaknya belum mendapatkan laporan dari penyidik terkait klarifikasi dana PADes Sumberberas tersebut. “Belum ada laporan ke saya,” tegasnya via pesan singkat.

Sebelumnya, penggunaan dana PADes Sumberberas disoal tokoh warga setempat. Dikhawatirkan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain penggunaannya, proses penyetoran dana PADes ke desa diduga ada yang tak melalui tahapan yang benar. Belum ada tanggapan dari Kades Sumberberas Sri Purnanik terkait hal ini. (Budi Wiriyanto)

Related posts

Menjaga dan Memelihara Keberagaman, Kapolda Jatim Bersama PW Muhammadiyah Siap Dukung Pemerintah

Naikkan Investasi, Bupati Sidoarjo Agendakan Coffe Morning Dengan Pengusaha

Abdul

Kabupaten Sidoarjo Menggelar Upacara Peringatan HUT RI ke-76 dengan Prokes Ketat

Abdul