Plakat dan Memorabilia Pahlawan Nasional HR Mohammad KininTersimpan di Ponorogo

*KEPAHLAWAHANAN* dan sikap mulia HR Mohamad saat ini semakin dekat dengan warga Ponorogo. Pahlawan Nasional yang pernah menjadi bupati di Ponorogo itu kini ada memorabilia dan plakat serta duplikat piagamnya di Pringgitan atau rumah dinas bupati Ponorogo.

Plakat dan memorabilia tersebut telah diserahkan oleh keluarga HR Mohamad pada Sabtu (10/11/2018), bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan. Harapannya, memorabilia ini bisa menjadi pengingat sikap kepahlawanan yang harus senantiasa diteladani dan dihidupkan di sanubari setiap warga bangsa.

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Usai upacara Peringatan Hari Pahlawan 2018, cucu HR Mohamad, Profesor Indroyono Soesilo, menyerahkan sendiri plakat dan memorabilia kepada Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno. Saat penyerahan plakat, Indroyono mengatakan, ia bersama keluarga besar HR Mohamad yang terdiri cucu dan cicit menyatakan sangat bangga dengan jasa kakek mereka.

Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno dan Profesor Indroyono Soesilo, cucu HR Mohamad saat menyaksikan memorabilia Pahlawan Nasional HR Mohamad di teras Pringgitan, Sabtu (10/11/2018).

Sebab, dalam pertempuran dengan sekutu pada 10 November 1945 1945 itu, HR Mohamad menjadi salah satu pimpinan perang yang bisa menunjukkan kekuatan TNI dan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

Plakat Kepahlawanan untuk Pahlawan Nasional HR Mohamad yang pernah menjabat sebagai Bupati Ponorogo periode 1950-1954.

“Setelah mengusulkan kepahlawanan nasional sejak 2011 dengan berbagai upaya pengumpulan data, pada 2014 beliau diakui sebagai pahlawan nasional. Dan karena beliau pernah menjabat sebagai bupati Ponorogo pada tahun 1951 sampai 1954, maka kami merasa warga Ponorogo berhak memiliki warisan kepahlawanannya ini,” ungkap Indroyono saat menyerahkan plakat dan memorabilia di Teras Pringgitan Ponorogo.

Wabup Ponorogo Soedjarno mengatakan, pengakuan HR Mohamad yang pernah menjadi bupati Ponorogo sebagai pahlawan nasional merupakan sebuah kebanggaan dan patut disyukuri.

“Kita bangga dan harus meneladani sikap beliau yang gigih mempertahankan kemerdekaan. Nilai kepahlawanan beliau yang pernah jadi pimpinan di Ponorogo ini harus dicontoh oleh semua warga Ponorogo ini,” ungkap Soedjarno.

Menurutnya, sebuah kehormatan bagi warga Ponorogo karena keluarga besar HR Mohamad bersedia menitipkan plakat kepahlawanan ini untuk disimpan di Ponorogo. Hal ini akan menjadi pengingat bagi seluruh warga Ponorogo bahwa dari Ponorogo juga ada orang-orang yang berjasa bagi kemerdekaan Indonesia. (kominfo/dist)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : Pemkab Ponorogo